Manchester City cukur Everton 5-0 sebelum mengangkat trofi Liga Inggris

id liga inggris,manchester city,everton,sergio aguero,kevin de bruyne,phil foden,gabriel jesus

Manchester City cukur Everton 5-0 sebelum mengangkat trofi Liga Inggris

Penyerang Manchester City Sergio Aguero (kiri) melakukan selebrasi bersama Raheem Sterling setelah mencetak gol keduanya ke gawang Everton dalam laga pekan pemungkas Liga Inggris 2020/21 di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Minggu (23/5/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Dave Thompson)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City menutup musim mereka di Liga Inggris 2020/21 dengan mencukur Everton 5-0 sebelum mengangkat trofi juara di hadapan suporternya dalam laga pekan pemungkas di Stadion Etihad, Manchester, Minggu.

Sergio Aguero yang melakoni laga terakhirnya bersama City di Liga Inggris, menandai penampilannya dengan torehan dua gol ke gawang Everton kendati memulai laga dari bangku cadangan dan baru merumput sejak menit ke-65.

Dua gol Aguero melengkapi gol-gol Kevin de Bruyne, Gabriel Jesus dan Phil Foden yang sudah membuat City nyaman memimpin atas tamunya sepanjang laga.



City finis dengan raihan 86 poin dan sang manajer Pep Guardiola memecahkan rekor sebagai pelatih yang selalu sukses memenangi laga penutup musim Liga Inggris dalam lima tahun beruntun.

Sedangkan bagi Everton (59), kekalahan itu bukan saja membuat mereka harus merelakan mimpi tampil di Eropa tetapi juga finis di urutan ke-10 lantaran disalip Arsenal (61) dan Leeds United (59), demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Di hadapan 10 ribu penonton yang diizinkan memasuki Etihad, City tampil begitu dominan dan membuka keunggulan pada menit ke-11 lewat sepakan apik De Bruyne menyambut umpan Riyad Mahrez.

Tiga menit berselang keunggulan itu langsung digandakan oleh Jesus, yang menghindari hadangan Ben Godfrey setelah menerima umpan dari De Bruyne, sebelum memperdaya kiper Jordan Pickford.



Everton punya peluang bagus untuk membalas setelah mendapat hadiah tendangan penalti karena Richarlison dijatuhkan oleh Ruben Dias di dalam area terlarang.

Sayang, eksekusi penalti Gylfi Sigurdsson dimentahkan oleh kiper Ederson Moraes dan bola muntah yang berusaha dimanfaatkan oleh Richarlison bisa dihalau oleh Kyle Walker.

Keunggulan City bertambah lagi delapan menit memasuki babak kedua ketika Foden berdiri relatif bebas menerima umpan dari Raheem Sterling sebelum melesakkan bola ke pojok kanan bawah gawang Everton.

Aguero mendapat sambutan meriah dari publik Etihad ketika masuk menggantikan Mahrez pada menit ke-65 untuk penampilan terakhirnya bersama City di Liga Inggris.

Sambutan itu dibalas Aguero dengan mencetak gol keempat City pada menit ke-71, setelah ia bisa melewati hadangan Mason Holgate sebelum menaklukkan Pickford dengan sepakan kaki kanannya.

Lima menit berselang, Aguero mencetak gol keduanya untuk melengkapi kemenangan City jadi 5-0 lewat tandukannya menyambut umpan silang akurat kiriman Fernandinho.

City menutup penampilan itu dengan mengangkat trofi di hadapan para suporternya, sebuah hasil yang sangat positif sebelum bertolak ke Portugal untuk melakoni final Liga Champions melawan Chelsea.


 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar