Brimob Polda Sulawesi Tenggara sembelih 39 ekor sapi

id Idul Adha

Brimob Polda Sulawesi Tenggara sembelih 39 ekor sapi

Pihak Brimob Polda Sultra saat penyebelihan hewan kurban di Markas Komando Satuan Brimobda Sultra, Jumat (31/7/2020). (ANTARA/HO-Brimobda Sultra)

Kendari (ANTARA) - Satuan Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyembelih hewan kurban sebanyak 39 ekor sapi saat perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Penyembelihan puluhan ekor sapi pada Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun ini dilakukan setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha secara berjamaah di Lapangan Apel Mako Sat Brimobda Sultra dengan menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

Proses penyembelihan hewan kurban tersebut dipimpin oleh Dansat Brimob Polda Sulra Kombes Pol Adarma Sinaga yang diikuti oleh seluruh personel Sat Brimobda Sultra yang Muslim (Islam) bertempat di belakang Masjid At-Taqwa Mako Sat Brimobda Sultra di Kendari, Jumat.

Adarma menjelaskan, jumlah hewan kurban yang disembelih 39 ekor sapi yang terbagi dalam tiga tempat pelaksanaan kurban, yakni 28 ekor sapi di Mako Sat Brimobda Sultra di Kota Kendari , empat ekor di Mako Batalyon B Pelopor di Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan, dan tujuh ekor di Mako Kompi 1 Batalyon C di Keamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, dengan total berat daging sapi seluruhnya sekitar 1.560 kg yang akan dibagi dalam 1.040 kantong dengan berat masing-masing 1,5 kg.

"Seluruh daging kurban yang disembelih rencananya akan dibagikan kepada warakawuri, purnawirawan dan masyarakat sekitar Mako Sat Brimobda Sultra serta personel Sat Brimobda Sultra," kata Kombes Pol Adarma Sinaga.

Dansat Brimobda Sultra juga menyatakan bahwa lewat momen penyembelihan hewan kurban ini mengandung nilai luhur untuk mengorbankan sesuatu yang dimiliki demi kepentingan yang lebih besar atau dalam kata lain mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan masyarakat bangsa dan negara dengan dasar keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.

"Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di antara para personel serta memupuk rasa empati terhadap sesama," katanya.

Pada kegiatan penyembelihan hewan kurban juga turut hadir petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban dari Dinas Peternakan Kota Kendari yang melakukan pemeriksaan terhadap daging kurban yang akan disalurkan.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar