BKKBN Sulta gelar edukasi pengelola Kampung KB di Kolaka

id BKKBN Sultra

BKKBN Sulta gelar edukasi pengelola Kampung KB di Kolaka

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Center Of Excelent dan bimbingan teknis (bimtek) bagi pengelola kampung KB di Desa Lalonggolosua, Kabupaten Kolaka Timur, Selasa (21/7). (Foto Humas BKKBN Sultra)

Kolaka (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Center Of Excelent dan bimbingan teknis (bimtek) bagi pengelola kampung KB di Desa Lalonggolosua, Kabupaten Kolaka Timur, Selasa (21/7).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Kolaka ,dr. Hj Muliati, dan dihadiri Kabid Dalduk BKKBN Sultra, Dr Mustakim, Kabid Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim, Camat Tanggetada, Kapolsek Tanggetada, Kades Lalonggolosua dan masyarakat setempat dengan total peserta 40 orang.
 
Hj Muliati dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kolaka telah banyak membantu warga khususnya masyarakat Desa Lalonggolosua melalui kegiatan kampung KB tersebut selaku kampung KB percontohan di Kolaka.

"Karena itu, untuk ketua pokja kampung KB diharapkan ikut hadir saat Musrenbang di tingkat desa dan kecamatan agar bisa mengusulkan kegiatan dan anggaran untuk kemajuan kampung KB melalui APBDes dan dana desa," katanya.

Sementara itu, Kabid Dalduk BKKBN Sultra, saat memberikan materi menyampaikan bahwa kampung KB bukan hanya kegiatan BKKBN atau dinas PPKB, tapi kegiatan lintas sektor, sehingga perlu adanya kerja sama dan sinergitas dengan berbagai sektor, terutama sektor yang dibutuhkan untuk membangun keterbelakangan yang ada di kampung KB Lalonggolosua.

"Harapan kita, kiranya sebagian Dana Alokasi Khusus/DAK dari APBN melalui BKKBN yang disalurkan ke Pemda Kolaka juga dapat diusulkan untuk kegiatan di kampung KB," katanya.

Untuk itu kata Mustakim, kiranya pokja kampung KB segera melakukan identifikasi apa saja yang menjadi tantangan dan potensi di kampung KB agar pembangunan di kampung KB terarah dan mengenai sasaran.

Sementara itu, Kabid Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa tahun-tahun sebelumnya, di tingkat Perwakilan BKKBN Provinsi, kampung KB dikelola oleh Bidang Adpin, namun sejak tahun 2020 saat ini sudah diserahkan ke Bidang Dalduk.

"Pengelolaannya Kampung KB untuk BKKBN Sultra saat berada di Bidang Dalduk yang saat ini dipimpin Bpk Dr Mustakim. Untuk itu, di depan hadirin semua saat ini pun kami melakukan serah terima kepada beliau. Pesan kami, kiranya semua pengelola kampung KB tidak kehilangan semangat bahkan harus lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya. 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar