Kendari menyiapkan Rusunawa Bungkutoko untuk karantina ODP COVID-19

id karantina odp,kendari,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Kendari menyiapkan Rusunawa Bungkutoko untuk karantina ODP COVID-19

Ilustrasi: Seorang pengguna sepeda motor melintas di depan Rusunawa di Kel. Tobuuha, Kec. Mandonga kota Kendari, (ANTARA/Zabur Karuru)

Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di kawasan Pelabuhan Bungkutoko Kendari, sebagai tempat isolasi mandiri Orang Dalam Pemantauan (ODP) COVID-19 di kota itu.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan langkah tersebut diambil sebab ODP Corona, khususnya di Kota Kendari, masih sulit untuk disiplin mengisolasi diri secara mandiri di rumah masing-masing.

"Karena orang ODP ini sulit disiplin untuk isolasi mandiri (di rumah)," kata Sulkarnain dalam rilisnya yang diterima di Kendari, Sabtu.

Menurutnya, dengan menempatkan para ODP di Rusun Bungkutoko, maka pemerintah akan lebih fokus menangani mereka. Walaupun fasilitas rusunawa masih kurang, Sulkarnain mengatakan akan menggunakan sebagian anggaran tak terduga pemerintah kota untuk membenahi rusun tersebut.

"Kan fasilitasnya tidak mahal, bahkan dengan biaya makan minum selama 14," ujar Sulkarnain.

Sulkarnain mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga Kota Kendari agar selalu disiplin dalam menerapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS), sehingga dapat memutus rantai penyebaran COVID-19.

Untuk diketahui, berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Sulawesi Tenggara mencatat jumlah ODP hingga pukul 09.00 WITA Sabtu (28/3) sudah mencapai angka 2.498 orang yang tersebar di 17 kabupaten/kota.

Untuk di Kota Kendari sendiri, kata dia, data ODP tercatat 113 orang, namun 81 orang dinyatakan selesai dalam pemantauan, sementara 32 orang masih dalam pemantauan.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar