Cegah Stunting, Poltekkes Kendari ajak masyarakat terapkan PHBS

id Poltekkes

Cegah Stunting, Poltekkes Kendari ajak masyarakat terapkan PHBS

Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari, Askrening, saat memperingati hari kesehatan nasional (HKN) ke-55 yang di gelar di kampus tersebut, Jumat (29/11). (ANTARA/Yaya La Ardi)

Kendari (ANTARA) - Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari, Sulawesi Tenggara, mengajak masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) demi mencegah terjadinya stunting.

Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari, Askrening saat memperingati hari kesehatan nasional (HKN) ke-55 yang di gelar di kampus tersebut, Jumat mengatakan dalam memperingati HKN, pihaknya mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan perilaku yang kurang sehat, terutama di lingkup kampus itu.

"Untuk menghasilkan generasi yang unggul dan sehat kita memberikan informasi pada masyarakat tentang PHBS agar mereka bisa mengubah perilakunya, karena sekarang isu kesehatan yang harus kita fokuskan salah satunya adalah penurunan angka stunting," katanya.
 
 
Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari, Askrening (tengah), saat memperingati hari kesehatan nasional (HKN) ke-55 yang di gelar di kampus tersebut, Jumat (29/11) (ANTARA/Yaya La Ardi)


Askrening juga mengungkapkan saat ini pihaknya terus rutin melakukan kegiatan sosial, seperti pengabdian kepada masyarakat (Pengabmas) yang wajib dilaksanakan oleh dosen maupun mahasiswa, menurutnya upaya itu dapat menurunkan angka stunting.

"Kita bisa menurunkan angka stunting dan meningkatkan harapan hidup dengan cara mengajarkan pola hidup sehat kepada warga usia-usia lansia agar lebih produktif lagi untuk diri sendiri maupun di masyarakat," ujarnya.

Selain itu, kata dia, langkah lainnya yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting adalah dengan memberikan informasi kepada masyarakat bagaimana cara berperilaku hidup sehat dengan melakukan penyuluhan dan praktek langsung ke masyarakat.

Baca juga: Cegah Stunting, Dinkes Kendari Luncurkan Program Gemar Makan Ikan
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar