RSUD Sultra Januari-Agustus rawat 11.611 pasien jantung

id bahteramas

ilustrasi (foto Antara)

Kendari  (Antaranews Sultra) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Sulawesi Tenggara (Sultra), menyebutkan sejak Januari sampai Agustus, pasien penyakit Jantung yang dirawat Mencapai 11.622 orang.

"Khusus yang dirawat jalan, kasus baru berjumlah 572 pasien, sedangkan kasus lama itu berjumlah 11.050 pasien yang jika ditotalkan sebanyak 11.622 kunjungan," kata Direktur RSUD Bahteramas Sultra, dr Yusuf Hamra, di Kendari, Rabu.

? ?Sedangkan untuk pasien yang dilakukan rawat inap mulai Januari hingga Agustus 2018 berjumlah 622 pasien.?

? ?Yusuf juga menyebutkan jumlah penyakit jantung yang di rawat jalan di RSUD Bahteramas tahun 2017 berjumlah 16.568 kunjungan, dengan rincian 1.589 merupakan kasus baru, dan 14.979 merupakan kasus lama.

? ?"Sementara untuk pasien yang di rawat inap tahun 2017 berdasarkan data yang ada dikami itu berjumlah 789 pasien," katanya.?

? ?Menurut Yusuf, ?pola hidup sehat dan mengubah gaya hidup sangat perlu untuk dilakukan untuk mengendalikan penyakit jantung.?

? ?"Ada tiga macam penyakit jantung yang pertama penyakit jantung koroner, kemudian penyakit jantung hipertensi dan penyakit jantung bawaan," katanya.

? ?Dari tiga penyakit jantung tersebut kata Yusuf, yang banyak ditangani oleh RSUD Bahteramas adalah penyakit jantung koroner.?

? ?"Penyakit jantung koroner disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, misalnya penyakit jantung koroner itu dipengaruhi dari penyakit diabetes dan kolesterol tinggi, olehnya itu harus dijaga dengan baik," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar