DPRD Sultra umumkan cagub terpilih dalam rapat paripurna

id DPRD Sultra umumkan cagub terpilih dalam rapat paripurna

Suasana saat ketua DPRD Sultra menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Rapat paripurna istimewa DPRD Sultra dengan acara pokok mendengarkan pidato kenegaraan HUT Ke-73 RI di gedung utama DPRD Sultra, Kamis. (Foto Antara/ Azis Senong)

Kendari (Antaranews Sultra) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengumumkan hasil penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sultra terkait pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra yang terpilih untuk masa jabatan 2018 - 2023, yaitu Ali Mazi - Lukman Abunawas dalam rapat paripurna sebelum mendengarkan pidato kenegaran Presiden RI di Gedung DPRD Prov Sultra, Kamis .

Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh dalam sambutannya mengucapkan syukur karena semua prose serta perhelatan demokrasi telah usai dan meninggalkan cerita dalam ruang sejarah yang manis untuk dikenang.

"Pelaksanaan pesta demokrasi dalam rangka memilih tokoh pemimpin daerah betul-betul memberi pelajaran penting yang patut kita cerna dengan baik, begitu pun pasangan calon yang menjadi subyek dalam hajatan demokrasi juga memberi arti dalam upaya membangun penguatan diri, sosialisasi kebijakan visi-misi hingga program prioritas yang disampaikan ke publik," Ungkap Abdurrahman saat memimpin sidang didampingi Pj.Gubernur Sultra Teguh Setyabudi serta unsur pimpinan dewan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Sultra juga menyampaikan apresiasinya kepada penyelenggara pilkada baik KPU maupun Badan pengawas pemilu (Bawaslu) yang menjaga nalar, moral dan integritasnya dalam implementasi pilkada secara konstitusional sesuai tugas dan kewenangan yang diberikan oleh ketentuan perundang-undangan.

"KPU dan Bawaslu Sultra telah menjalankan tugas dengan baik, semoga kedepan para aktor penyelenggara pemilu mempertahankan dan terus meningkatkan profesionalismenya," ucapnya disambut tepuk tangan dari seluruh legislator yang hadir dalam sidang tersebut.

Abdurrahmah Saleh juga mengucapkan selamat kepada Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Ali Mazi - Lukman Abunawas yang akan dilantik pada 17 September mendatang di istana negara oleh Presiden RI dan berharap semoga amanah dalam memimpin daerah.

Perolehan suara hasil pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sulawesi tenggara dari tiga pasangan calon kepala daerah yang tampil sesuai hasil rekapitulasi KPU Sultra, Pasangan Ali Mazi?Lukman Abunawas meraih suara terbanyak yakni 495.880 suara atau 43,68 persen dari total jumlah pemilih 1.628.328.

Disusul pasangan Rusda Mahmud Syafei Kahar meraup 358.537 suara atau 31,58 persen serta pasangan Asrun?Hugua memperoleh 280.762 suara atau 24,73 persen.

(T.A056/B/M007/C/M007) 16-08-2018 10:35:08
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar