Kloter pertama JCH Sultra diberangkatkan dari Makassar

id haji,Kloter pertama JCH Sultra diberangkatkan dari Makassar

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir (batik) menyerahkan dokumen pemberangkatan JCH kloter 20 UPG asal Sultra kepada Petugas PPIH Embarkasi Makassar, Kaswad Sartono di asrama Haji Sudiang Makassar disaksikan staf Ahli Gub Sultra, Burhanuddin (tengah), Kamis. (Foto Antara/ Suparman)

Makassar (Antaranews Sultra) - Kelompok terbang (kloter) rombongan pertama jamaah calon haji (JCH) 2018 asal Sulawesi Tenggara (Sultra) sampai di embarkasi Makassar, Asrama Haji Sudiang, Kamis sebelum diterbangkan ke Tanah Suci.

Jamaah diantar oleh Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir didampingi Staf Ahli Gubernur Sultra, Burhanuddin dan diserahkan kepada Kaswad Sartono selaku Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar.

Rombongan perdana JCH Sultra tersebut tergabung dalam kloter 20 UPG Makassar yang berasal dari Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Kepulauan dengan total 455 orang termasuk Petugas haji dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Sebelum diserahkan, Burhanuddin mewakili pemerintah daerah Sultra mengingatkan kepada para JCH bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang menuntut kasabaran, kesehatan dan tenaga.

"Saya ingatkan apa yang disanpaikan saat manasik haji itulah pedoman kita. Terutama jaga kesehatan, semoga jamaah selalu diberikan kekuatan, kesabaran mengikuti seluruh rangkaian haji dan pulang dengan membawa haji mabrur," katanya.

Kaswad Sartono menyampaikan bahwa jamaah kloter 20 UPG yang diterima nantinya akan mendapatkan banyak bekal di antaranya pembagian dokumen, tes kesehatan, pemeriksaan biometrik serta tambahan manasik haji.

"Pemeriksaan biometrik ini yang pertama kali di Indonesia, ini memudahkan jamaah karena saat sampai di Arab Saudi tidak perlu lagi ada pemeriksaan foto dan sidik jari," katanya.

Baca juga: Pedagang buah di Kolaka berangkat ibadah haji

Kakanwil Kemenag Sultra, yang juga merupakan ketua kloter 20 UPG berharap semua JCH senantiasa menjaga kesehatan.

"Karena se-ikhlas apapun kita, ketika dalam pemeriksaan kesehatan dan medis menyatakan kita tidak memenuhi unsur kesehatan, maka kita tidak bisa diberangkatkan," katanya.

Baca juga: Di Baubau, Ibu penjual sayur naik haji

Rencanaya kloter ini akan diterbangkan menuju Jeddah pada 4 Agustus pukul 06.50 Wita dari Bandara Hasanuddin Makassar.

Dalam rombongan kloter 20 UPG ini terdapat Danrem 143 Haluoleo, Kolonel Dedi Nurhadiman, Bupati Konawe Kepulauan, Amrullah, dan anggota DPRD Sultra, Mudin Musa selaku TPHD Sultra.

(T.KR-SPR/B/D009/C/D009) 02-08-2018 09:41:26
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar