Pemerintah merenovasi rumah Zohri

id zohro

Kondisi rumah atlet atletik nasional Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. ((Dok. PB PASI))

Palembang (Antaranews Sultra) - Pemerintah memastikan akan melakukan renovasi rumah Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Betul, saya diperintahkan Presiden Jokowi semalam (12/7) untuk itu," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjawab pers di sela kunjungan Pengecekan Final Arena Pertandingan (Venue) untuk Asian Games XVIII di Jakabaring Sport City Center Palembang, Jumat.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa bangga seluruh rakyat Indonesia atas prestasi Zohri menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia.

Menteri Basuki langsung menugaskan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Danis H. Sumadilaga dan Direktur Rumah Khusus, Ditjen Penyediaan Perumahan Chris Robert Marbun untuk berangkat ke Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Mereka berdua akan menemui keluarga dan melihat langsung kondisi rumah Zohri sebagai persiapan pelaksanaan renovasi menyeluruh atas rumah tersebut," kata Basuki.

Sementara itu, Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga dalam keterangannya mengaku, dirinya diutus ke NTB untuk menentukan renovasi yang akan dilakukan.

Menteri Basuki dan Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga belum merinci anggaran dan model apa renovasi yang akan dilakukan oleh pemerintah terhadap rumah Zohri.

Menteri Basuki sendiri sejak Kamis hingga Sabtu melakukan kunjungan kerja di Kota Palembang, Sumatera Selatan untuk mendampingi Presiden Jokowi meninjau kesiapan infrastruktur Asian Games ke-18 yang akan dibuka pada 18-8-2018 dan membuka Kejuaraan Perahu Naga Piala Presiden 2018.

Kejuaran itu tes agenda arena dayung yang pembangunan embungnya dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen Sumber Daya Air, sedangkan pembangunan tribun venue dayung dilakukan oleh Ditjen Cipta Karya.

Pemerintah secara keseluruhan membangun 14 arena dan pembenahan kawasan Jakabaring Sport City Center untuk persiapan Asian Games XVIII dengan total anggaran Rp600-700 miliar.

Baca juga: Presiden Jokowi perintahkan renovasi rumah Zohri

Baca juga: Presiden sebut kemenangan Zohri picu semangat hadapi Asian Games 2018

Baca juga: Beli tanah dan bangun rumah cita-cita Zohri
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar