Kendari (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra) meresmikan puluhan bangunan rumah dinas dan barak siaga yang dipusatkan di Kabupaten Wakatobi.

Kapolda Sultra Irjen Pol Dwi Irianto saat dihubungi di Kendari, Senin, mengatakan pembangunan rumah dinas dan gedung negara bersumber dari dukungan anggaran pemerintah pusat melalui pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun Anggaran 2024.

"Ada beberapa tipe rumah dinas, mulai dari Tipe 38 dan 45, serta barak Tipe 360," kata Irianto.

Dia menyebutkan pembangunan fasilitas rumah dinas dan gedung negara tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas kerja jajaran di Polda Sultra, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat lebih efektif dan optimal.

"Saat ini kita sedang hadapi Pilkada Serentak tahun 2024, dimana Polri diamanahkan untuk mengawal dan menyukseskan agenda pilkada sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai," ujarnya.

Irianto mengungkapkan pihaknya bererima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi yang juga telah memberikan dukungan dan bantuan sarana-prasarana yang diperlukan oleh Polres Wakatobi.

"Terima kasih atas dukungannya, baik berupa lokasi tanah untuk Pospam Terpadu, pembangunan pagar Mako Polres, dan gedung pelayanan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)," sebut Irianto.

Ia juga menjelaskan beberapa rumah dinas yang dibangun, antara lain Rumah Dinas Polsek Wangi-wangi Tipe 38 sebanyak 10 unit, Rumah Dinas Polsek Tomia tipe 45 sebanyak satu unit, Rumah Dinas Polres Buton Tengah sebanyak tujuh unit terdiri dari rumah Kapolsek satu unit Tipe 38, enam unit untuk personel, 10 unit untuk perwira, dan Tipe 38 untuk bintara.

"Kemudian Rumah Dinas Polres Koltim Tipe 45 sejumlah 10 unit untuk perwira dan Tipe 38 sejumlah 15 unit untuk bintara, Rumah Dinas Polsek Kabaena Polres Bombana, Tipe 38 sejumlah enam unit untuk personel polsek dan terakhir Barak Siaga Batalyon C Brimob di Totallang, Kolaka Utara, tipe 360 sejumlah dua unit untuk bintara bujang," tambah Irianto.
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024