Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kolaka, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra), menyiapkan sebanyak lima pos pengamanan lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Kolaka Kompol Gusti Komang Sulastra saat dihubungi Senin mengatakan bahwa lima pos tersebut terdiri dari empat pos pengamanan dan satu pos pelayanan terpadu yang berlokasi di Pelabuhan Kolaka.

"Kami menyiapkan empat posko pengamanan dan satu posko terpadu," kata Gusti.

Dia menjelaskan bahwa dalam pengamanan lebaran tersebut, pihaknya mengerahkan 98 personel yang akan ditempatkan di masing-masing pos pengamanan dan pelayanan terpadu di seluruh wilayah Kabupaten Kolaka.

"Untuk kegiatan pengamanan lebaran ini, kami tidak BKO (bawah kendali operasi) lagi, tetapi kami melibatkan juga instansi lain, seperti TNI, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan," ujarnya.

Dia menyampaikan pihaknya juga telah menyiapkan pelayanan terpadu di Pelabuhan Ferry Kolaka (Sultra) -Bajoe (Sulawesi Selatan) untuk masyarakat yang hendak mudik dengan jalur tersebut.

Gusti juga menjelaskan bahwa selama periode Ramadhan hingga Idul Fitri 1445 Hijriah, pihaknya akan terus gencar melakukan kegiatan patroli di pusat keramaian dan rumah masyarakat yang ditinggal mudik oleh pemiliknya.

"Nanti kita akan adakan patroli yang dilakukan oleh jajaran Polsek di Kabupaten Kolaka," ujar Gusti.

Ia juga mengimbau seluruh masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik lebaran agar betul-betul memastikan keadaan rumah dalam keadaan aman sebelum ditinggal.

"Apabila masih ada tetangganya yang tidak mudik bisa dititipkan kepada tetangga tersebut atau bisa menyampaikan kepada Bhabinkamtibmas yang ada di wilayahnya agar dilakukan patroli rutin di rumah tersebut," ucapnya.

Gusti menambahkan bahwa untuk masyarakat yang hendak mudik, bisa menitipkan kendaraan roda dua ataupun roda empat milik mereka di Pos Polisi terdekat.

"Bisa langsung ke Satuan Lalu Lintas Polres Kolaka," ujar Gusti.
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024