Kendari (Antara Sultra) - Perum Bulog Sulawesi Tengara meresmikan dan menyosialisasikan Distribusi Centre Rumah Pangan Kita (DC-RPK) di Kantor Bulog Sultra, Kamis.

DC-RPK tersebut diresmikan oleh Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog Imam Subowo dihadiri Kepala Divre Bulog Sultra, Dinas Perindag Sultra dan berbagai mitra kerja Bulog Sultra.

"Tugas utama Bulog bukan lagi regulator, sekarang sudah menjadi operator baik untuk BUMN pertanian maupun perdagangan," katanya.

Ia mengatakan, RPK hadir untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok utama di pasaran mulai dari produsen hingga konsumen.

"Berbicara pasar, umumnya berbicara produsen ingin harga tinggi dan konsumen ingin harga rendah. Bulog hadir sebagai penyeimbang untuk menjaga kestabilan harga," katanya.

Kepala Divre Bulog Sultra Laode Amijaya Kamaluddin mengatakan, maksud lain acara itu adalah akan menjadikan DC-RPK  sebagai klinik bisnis inkubator.

"Artinya bisnis kecil yang disemai melalui DC-RPK bisa menjadi bisnis besar atau usaha besar," katanya.

Menurut dia, RPK itu disinergikan dengan masyarakat dan pelaku ekonomi kecil karena mereka yang menjadi perpanjangan tangan Bulog dalam memasarkan produk pangan untuk menjaga kestabilan harga.

"Tahun ini kami juga akan buat branding produk Bulog yang akan dijual kepada masyarakat. Sehingga pemasaran produk premium bisa ikut meramaikan perputaran ekonomi dalam aktivitas perdagangan," katanya.

Peresmian itu ditandai pelepasan balon ke udara kemudian dilanjutkan peninjauan DC-RPK tersebut.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024