Kendari  (Antara News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara, menyatakan kesiapannya untuk melakukan pemilihan kepala daerah secara langsung dan serentak dengan delapan daerah lain yang ada di Sultra pada tahun 2015.

Komisioner KPU Kabupaten Muna, Andang Rahmat Jaya yang dihubungi melalui telepon dari Raha, Senin, mengatakan, pihaknya siap melaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan dilakukan pada tahun 2015 di Kabupaten Muna, melalui pemilihan langsung oleh rakyat.

"Seperti yang telah dijadwalkan kita akan melakukan pilkada pada bulan November 2015 dan akan memulai tahapannya pada bulan februari 2015," ujarnya.

Ia menambahkan, sesuai keputusan menteri dalam negeri (mendagri), di Sultra ada delapan daerah yang akan menggelar pilkada serentak tahun depan.

Delapan daerah tersebut terdiri atas tiga kabupaten definitif, termasuk Muna, Buton Utara, dan Konawe Selatan. Sedangkan lima daerah lainnya merupakan daerah otonomi baru (DOB), yakni Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Muna Barat, Buton Tengah dan Buton Selatan.

"Saat ini kami menunggu pengesahan anggaran untuk untuk pilkada yang akan disediakan oleh pemerintah daerah," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya sebagai pelaksana harus bekerja secara profesional, untuk pilkada langsung bisa dilaksanakan serentak pada bulan November 2015 mendatang.

Menurut dia, pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah untuk mensukseskan pilkada pada November 2015 mendatang. Termasuk untuk partisipasi masyarakat dalam memilih kepala daerahnya.

"Kami akan terus berusaha untuk mengajak semua masyarakat lewat sosialisai agar datang ke TPS untuk memilih, sehingga partisipasi pemilih meningkat," ujarnya.

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024