Mamuju (ANTARA Sulsel) - Warga binaan penghuni Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas II Mamuju, Sulawesi Barat, sukses mencatatkan diri untuk mendapatkan prestasi spektakuler yakni rekor Muri Tudung Saji terbesar di Indonesia.

Kepala Rutan Mamuju Kelas II Mamuju, Achmad Sugiharto dalam kungjungan Dirjen Pemasyarakatan RI di Mamuju, Rabu, menyampaikan ide awal pembuatan Tudung Saji ini ketikan ada kungjungan kerja teman-teman dari Kementerian Hukum dan HAM RI beberapa waktu yang lalu.

"Alhamdulillah, tantangan itu kami respon. Kerja keras pegawai dan warga binaan akhirnya sukses menyelesaikan proses pembuatan Tudung Saji terbesar di Indonesia," kata Ahmad Sugiharto.

Ia menyampaikan, proses pembuatan Tudung Saji ini dikerjakan lima orang warga binaan selama 19 hari dengan ukuran raksasa.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak MURI (Museum Rekor Indonesia) dan telah memberikan sinyal positif. Makanya, kedatangan Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Muhammad Sueb sekaligus menyaksikan penandatanganan Notaris atas prestasi rekor Muri yang didapatkan warga binaan," ungkapnya.

Achmad menjelaskan, Tudung Saji ini memiliki luas isi tengah 3,5 meter, tinggi 9,5 cm, panjang lingkaran 11,5 meter dan berat 33 Kilogram.

Selain itu kata dia, Tudung Saji ini menggunakan bahan baku berupa Lidi dari pohon enau sebanyak 6.140 batang, rangka kayu rotan sekitar 50 meter dengan menghabiskan tali hingga 2 kilogram.

"Karya binaan penghuni Rutan ini sangat spektakuler sehingga sukses mencatatkan rekor Muri," ujarnya.

Ia menyampaikan, prestasi ini tentu membanggakan sekaligus mempertegas bahwa penghuni Rutan Mamuju juga memiliki jati diri untuk berkarya walaupun menjadi tahanan.

"Kegiatan seperti ini akan trus dikembangkan sehingga setelah menjalani proses hukum bisa memiliki keahlian setelah berkumpul kembali dengan keluarga para Napi," ujarnya.

Sementara itu Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Muhammad Sueb menyampaikan, turut berbangga atas kreativitas yang dilakukan warga binaan Rutan Mamuju.

"Ini prestasi yang kedua kalinya setelah sebelumnya Rutan di Bayuwangi Jatim, berhasil membuat Al Qur`an terbesar sehingga mencatatkan diri mendapatkan rekor Muri. Kali ini kami temukan Tudung Saji yang diyakini bisa mendapatkan pengakuan Rekor Muri," ujarnya.

Ia menyampaikan, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan sehingga nantinya bermanfaat setelah menjalani proses hukum.

Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar