TPID Kendari diminta terus memantau pasar untuk kendalikan inflasi

id TPID Pantau harga,sultra

TPID Kendari diminta terus memantau pasar untuk kendalikan inflasi

Wakil Gubernur Sultra, yang juga Ketua TPID Sultra, Lukman Abunawas (dua dari kanan). ANTARA/Azis Senong

Kendari, Sultra (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, yang juga Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sultra, Lukman Abunawas meminta semua TPID kabupaten dan kota segera merespons arahan Presiden Joko Widodo untuk terus memantau pasar agar inflasi tetap terkendali.

"Dalam mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok, semua harus bergerak, saya minta TPID terus melakukan pemantauan harga di pasar, memastikan stok, dan harga kebutuhan pokok tersedia. Prinsipnya, TPID harus mengantisipasi inflasi sedini mungkin," katanya di Kendari, Sultra, Selasa.

Lukman menjelaskan untuk menekan inflasi, hanya bisa dilakukan, melalui kerja sama antardaerah, apalagi pengendalian inflasi saat ini masih menjadi fokus pemerintah.

"Cara yang sudah dilakukan untuk menekan inflasi, dengan melakukan operasi pasar sehingga harga sembako di pasar akan tetap terkendali. Harga sembako sekarang ini, jangan dianggap remeh, sebab pengendalian harga itu bukan hanya masalah ekonomi semata, tapi juga sudah menjadi masalah sosial yang harus terus diselesaikan secara bersama," tegasnya.

Lebih lanjut, Lukman mengatakan dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sultra, masing-masing memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Bahkan, katanya, dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, ada beberapa sektor yang memberikan kontribusi terbesar yaitu pertanian, kelautan, perikanan, pertambangan, dan sektor pariwisata.

"Oleh karena itu, sinergi dan kolaborasi pemda bersama tim TPID dapat menumbuhkan ekonomi daerah serta menekan terjadinya inflasi dan untuk itu mari bersama kembangkan perekonomian daerah yang lebih baik," harapnya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2023