Dituduh lakukan pelecehan seksual, sutradara Paul Haggis ditahan di Italia

id pelecehan seksual

Dituduh lakukan pelecehan seksual, sutradara Paul Haggis ditahan di Italia

Paul Haggis saat menghadiri Critics' Choice Awards ke-21 di Santa Monica, California, Amerika Serikat, pada 17 Januari 2016. (REUTERS/Danny Moloshok)

Jakarta (ANTARA) - Sutradara film asal Kanada, Paul Haggis, ditahan pada Minggu (19/6) atas tuduhan pelecehan seksual yang ia lakukan terhadap seorang perempuan di Italia bagian selatan, menurut laporan media Italia yang mengutip jaksa setempat.

Dikutip dari Associated Press, Senin, Haggis tengah berada di Italia untuk menghadiri acara Allora Fest, sebuah festival film, seni, dan musik, yang telah dimulai pada Selasa (14/6) di Ostuni, sebuah kota wisata di Puglia, Italia.

Kantor berita LaPresse dan beberapa media Italia lainnya memuat pernyataan tertulis dari jaksa di kota dekat Brindisi bahwa mereka sedang menyelidiki tuduhan yang diajukan seorang perempuan non-Italia yang dipaksa untuk melakukan hubungan seksual tanpa persetujuan selama dua hari.

Pengacara Haggis, Priya Chaudhry, mengatakan pihaknya yakin bahwa semua tuduhan terhadap Haggis akan ditolak meskipun Chaudhry sendiri tidak dapat membahas bukti berdasarkan hukum Italia.

“Dia benar-benar tidak bersalah, dan bersedia bekerja sama sepenuhnya dengan pihak berwenang sehingga kebenaran terungkap dengan cepat,” kata Chaudhry.
Ilustrasi - pelecehan seksual (ANTARA)

Dua jaksa yang melakukan penyelidikan, Antonio Negro dan Livia Orlando, mengatakan melalui sebuah pernyataan bahwa perempuan itu dipaksa mencari perawatan medis setelah melakukan hubungan seksual.

Beberapa hari kemudian, menurut keterangan jaksa, perempuan itu ditemani oleh seorang laki-laki ke bandara Brindisi pada Minggu (19/6) dan ditinggalkan di sana di tengah kondisi fisik dan psikologis yang genting.

Polisi yang bermarkas di Brindisi mengatakan pihaknya tidak berwenang memberikan informasi mengenai kasus tersebut, termasuk apakah Haggis ditahan di kantor polisi atau di hotel atau tempat lainnya.
 
Ilustrasi - Pelecehan seksual. Dokumentasi ANTARA


Sementara itu, menurut laporan Variety, direktur Allora Fest segera mengambil sikap dengan menghapus partisipasi Haggis dari acara tersebut dan menyatakan solidaritas penuh terhadap perempuan terduga korban.

Selain sebagai sutradara, Haggis juga dikenal sebagai produser dan penulis skenario. Ia dikenal melalui karya kepenulisan naskah film “Million Dollar Baby” (2004) yang disutradarai oleh Clint Eastwood. Haggis juga menulis dan menyutradarai film “Crash” (2004) yang memenangkan sejumlah penghargaan termasuk Oscar untuk kategori skenario asli terbaik.


 
Ilustrasi - Pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. ANTARA/Shutterstock/pri.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sutradara Paul Haggis ditahan di Italia atas tuduhan pelecehan seksual
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2022