Sempat hilang kontak, 298 penumpang KMP Bontoharu selamat

id KMP Bontoharu, Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel

Sempat hilang kontak, 298 penumpang KMP Bontoharu selamat

Ilustrasi - Suasana di Pelabuhan Selayar sebelum Kapal Bonoharu ditemukan. ANTARA/Suriani Mappong

Makassar (ANTARA) - KMP Bontoharu yang Jumat (2/4) sempat hilang kontak saat cuaca buruk, ditemukan di sekitar 30 mil wilayah timur dari Pelabuhan Pamatata, Selayah pada Sabtu (3/4) dini hari oleh Tim Gabungan dan Pos TNI AL.

"Sempat hilang kontak selama beberapa saat ketika KMP Bontoharu yang berlayar di wilayah perairan wilayah Kabupaten Bulukumba menuju Kabupaten Selayar kemarin, akhirnya ditemukan dan telah sandar di Pelabuhan Pamatata Selayar dengan 298 orang penumpangnya selamat," kata Komandan Pos Pengamat (Posmat) TNI AL (Posal) Selayar Letda Laut (E) Siswandoyo di Selayar,  Sabtu.

Dia mengatakan, saat pihak pos pelabuhan Bira Bukumba menginformasikan telah terjadi kehilangan kontak dengan KMP Bontoharu yang sedang melaksanakan pelayaran dari Pelabuhan Bira, Bulukumba menuju Pelabuhan Pamatata Selayar, pihaknya langsung melaksanakan siaga I.

"Pada hari Jumat 2 April 2021 kami langsung turun di Pelabuhan Pamatata untuk segera membantu pencarian," ujarnya.

Dari informasi di lapangan ketahui, lanjut dia, kapal itu hilang kontak karena cuaca buruk yang terjadi di perairan Kepulauan Selayar pada Jumat (02/4), sehingga pihak pelabuhan kehilangan kontak dengan KMP Bontoharu

Salah seorang penumpang KMP Bontoharu, Jumiati mengaku sangat bersyukur kapalnya dapat bersandar di pelabuhan tujuan, padahal dia hampir putus asa dan mengira akan terdampar di pulau yang tak berpenghuni.

"Alhamdulillah setelah terombang-ambing gelombang akibat terjangan badai, akhirnya kami ditemukan oleh tim gabungan dan dipandu ke pelabuhan," katanya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar