Dian Sastro sebut industri film bisa berkontribusi pada kemajuan bangsa

id Dian sastro,industri film,film indonesia

Dian Sastro sebut industri film bisa berkontribusi pada kemajuan bangsa

Aktris Dian Sastrowardoyo (ANTARA/Instagram @disastr)

Jakarta (ANTARA) - Aktris Dian Sastrowardoyo mengatakan bahwa industri film bisa turut berkontribusi pada kemajuan bangsa, salah satu contoh nyatanya adalah seperti yang dialami Korea Selatan.

Dian mengatakan demam drama Korea tak hanya berpengaruh pada penjualan film atau serial saja, tapi juga pada bidang lain seperti kuliner, fesyen, gadget hingga pariwisata.

"Dulu enggak banyak yang punya ide tentang orang-orang Korea itu seperti apa, kebudayaannya, bahasanya, makanannya. Hampir di semua drama Korea ada adegan makan-makannya, kita jadi penasaran sama rasanya kayak apa. Hanya dengan kemajuan industri sebuah perfilmannya kita jadi jajan makanannya," ujar Dian dalam sesi "M-Class: diskusi perfilman", Jumat.
 

Pemain film "Aruna & Lidahnya" itu mengatakan bahwa selama industri film, khususnya di Indonesia, belum dianggap sebagai sektor yang menguntungkan, maka menuju ke arah seperti Korea Selatan akan sulit. Namun, jika mendapatkan dukungan semua pihak, Dian yakin Indonesia secara perlahan bisa seperti Korea Selatan.

"Walau industri film hanya industri kreatif, bukan kayak real sector. Tapi kalau sebuah negara memajukan industri filmnya seperti Korea Selatan, akhirnya perekonomian sebuah negara itu jadi bangkit. Karena semua orang 'ngefans' sama orang Korea, dia jualan mie instan juga jadi laku, gula, permen semua laku," kata produser film "Guru-Guru Gokil" itu.

"Kapan kira-kira Indonesia memiliki image yang baik secara global? Karena kalau kita benar-benar investasi, industri perfilman begitu maju, kualitasnya juga meroket sehingga yang nonton film Indonesia itu enggak cuma orang Indonesia doang," ujar Dian melanjutkan.
 

Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar