Zainal Mustamin Dilantik Menjadi Kepala Kemenag Kendari

id Zainal Mustamin, dilantik jadi, kemenag kendari

Zainal Mustamin Dilantik Menjadi Kepala Kemenag Kendari

Zainal Mustamin saat dilantik menjadi kepala Kantor Kementerian Agama Kota kendari, oleh Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad, di Aula Kemeng Sultra, Senin. (Foto Antara/Suparman)

Kendari (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Fesal Musaad, melantik dan mengambil sumpah Zainal Mustamin sebagai kepala Kantor kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, di Aula Kanwil Kemenag Sultra, Senin.

"Khusus pelantikan Zainal Mustamin ini, selain telah dinyatakan lulus tahapan seleksi, juga diperkuat adanya rekomendasi dari Inspektorat untuk mengembalikan jabatan beliau sebagai pejabat eselon III, karena pencopotan beliau sebelumnya dianggap tidak prosedural," kata Fesal Musaad, usai pelantikan tersebut.

Zainal Mustamin, sebelumnya sekitar dua tahun lalu merupakan pejabat eselon III lingkup Kemenag Sultra sebagai kepala Kepala Bagian TU Kemenag Sultra, namun saat itu dinonjobkan menjadi staf di Kemenag Sultra.

"Sebagai Kakanwil yang taat terhadap hukum dan aturan, maka harus melaksanakan keputusan hukum untuk mengembalikan Zainal Mustamin kepada jabatan eselon III," katanya.

Selain melantik Zainal Mustamin, Fesal juga melantik Jamaluddin sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Sultra.
 
Kemudian, melantik Siarnih sebagai Kepala Seksi Kemitraan Umat, Publikasi Dakwah, dan Hari Besar Islam Bidang Penais Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Sultra, kemudian H Asfar Dahlan Saleh sebagai Kepala Seksi Bina Lembaga dan Sarana Prasarana Kantor Urusan Agama serta Sistem Informasi Bidang Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Sultra.

Dalam suasana khidmat, Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan menyesuaikan dengan protokol kesehatan di tengah wabah pandemi COVID-19.

Bertindak sebagai saksi, Kepala Bagian Tata Usaha, Joko, Kabid PHU, La Maidu  dan turut disaksikan Kabid Penais Zakat dan Wakaf, Pembimas Kristen, Pembimas Katolik serta para ASN Kanwil Kemenag Sultra.

Kakanwil mengatakan bahwa seluruh tahapan seleksi pejabat di Kementerian Agama Sultra sudah sesuai mekanisme atau on the right track.

"Sama sekali tidak didasarkan pada prinsip like or dislike atau suka tidak suka,  sama sekali bukan," katanya.
  
Fesal Musaad menitip pesan kepada yang baru dilantik untuk terus gelorakan 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama yaitu menanamkan integritas, professional, inovasi, hadirkan tanggung jawab dan keteladanan.

"Karena saya menilai bahwa kira lima budaya kerja ini merupakan dasar dan kiblat kita dalam bekerja membangun institusi Kementerian Agama menjadi lebih baik," katanya.
 
Lebih lanjut, dirinya menerangkan setiap pejabat Kementerian Agama harus memberikan makna dan bobot pada Institusi menjadi berkinerja baik dan tinggi

"Saya minta kepada pejabat yang baru dilantik agar senantiasa mengasah kemampuan personal, pandai memanfaatkan waktu, menambah ilmu, menyerap berbagai informasi manfaatkan forum stakeholder internal maupun eksternal, dengan harapan menjadi pejabat yang diperhitungkan," pungkas mantan kepala Kanwil Kemenag Maluku ini.
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar