Stok kurang, picu kenaikan harga buah lokal di Kendari

id buah

Stok kurang, picu kenaikan harga buah lokal di Kendari

Buah nenas lokal kini banyak dijumpai di sudut jalan tertentu di kota Kendari. Umumnya pedagang buah musiman menawarkan jualannya dengan harga bervariasi antara Rp15.000 hingga Rp25.000 per buah. (foto Antara/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Dampak pandemi Corona, pasokan buah-buahan lokal dari beberapa daerah di Sulawesi Tenggara ke Kota Kendari seperti pisang, nenas, semangka dan kelapa muda berkurang, sehingga memicu kenaikan harga ditingkat pengecer.

Pantauan Antara, Minggu, beberapa buah produk lokal yang banyak dicari selama puasa Ramadhan tahun ini adalah kelapa muda, buah pisang dari berbagai jenis, pepaya, nenas langsat, rambutan dan nangka

Dari sejumlah keterangan pedagang buah di Kota Kendari, menyebutkan ada beberapa buah lokal yang disuplai memang stoknya berkurang selain karena terbatasanya pedagang yang datang membawa akibat corona, di lain pihak memang musim sudah hampir selesai.

"Memang ada beberapa buah hanya ada dijual pada waktu tertentu seperti, rambutan, langsat, durian dan jeruk manis. Sementara  bauh-buahan yang setiap saat ada yakni buah pisang, kelapa muda, nenas dan semangka," ujar Harianto pedangan buah setempat.

Ia mengatakan, untuk buah lokal selain buah musiman stoknya selalu ada meskipun jumlahnya sedikit karena beberapa sentra buah di Kabupten Konawe Selatan dan Konawe yang merupakan warga eks transmigrasi sudah mampu melakukan adaptasi musim sehingga tanaman itu bisa berbuah setiap saat.

Saat in harga nenas Bogor  antara Rp10 ribu hingga 25 ribu tergantung dari besar dan kecilnya, Semangka  Rp15.000 hingga Rp 25.000 per buah, dan jeruk manis di kisaran Rp10.000 hingga Rp 12.500 per kg.

Begitu pula dengan harga kelapa muda yang biasanya Rp5.000 per buah kini dijual selama puasa mencapai Rp8.000 hingga Rp10.000 per buah.

"Kalau buah yang disuplai antarpulau seperti buah apel, anggur dan pir dari Makassar dan Pulau Jawa juga disesuaikan harganya karena faktor perjalanan yakni dengan kisaran Rp50.000 hingga Rp60.000 per kilogram,” tambahnya.
 
Buah kelapa muda selama puasa Ramadhan ramai pengunjung. Nampak penjual kelapa muda di bilangan by pass Kendari saat sedang transaksi dengan pembeli  . Harga kelapa muda yang ditawarkan bervariasi antara Rp7.000 per buah yang ukuran kecil dan Rp10.000 ukuran besar. (foto Antara/Azis Senong)


 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar