Jangan minum minuman berkarbonasi usai olahraga

id minuman bersoda

Ilustrasi - Minuman bersoda (istimewa)

Jakarta (Antaranews Sultra) - Jangan meminum minuman berkarbonasi selama dan setelah berolahraga, karena dapat menyebabkan cedera ginjal akut, menurut studi dalam American Journal of Physiology-Regulatory, Integrative and Comparative Physiology. 

Seperti dilansir Indian Express, Rabu (23/1), sebaiknya minum air putih ketimbang minuman bersoda demi mencegah kerusakan ginjal. 

“Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis bahwa mengkonsumsi minuman ringan (yaitu, minuman berkafein fruktosa tinggi) selama dan setelah berolahraga meningkatkan marka biologis cedera ginjal akut (AKI) pada manusia," kata para peneliti studi.

Mereka meminta 12 orang partisipan studi meminum dua liter air selama 4 jam berolaharga di bawa terik matahari. Setengah dari mereka diminta meminum minuman ringan dan setengahnya air putih. Mereka juga harus minum 1 liter minuman yang sama setelah meninggalkan laboratorium. 

Hasilnya, cedera ginjal akut terdeteksi pada 75 persen partisipan yang meminum minuman ringan berbading 8 persen mereka yang meminum air putih. 


Baca juga: Nenggak soda berlebihan picu serangan jantung

Baca juga: Efek bahan tambahan pada minuman bersoda menurut ahli

Baca juga: 10 Jawaban tentang minuman bersoda dan kesehatan tulang

 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa

Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar