Menteri BUMN perkenalkan Balkondes kepada delegasi ICW

id bumn balkondes

Menteri BUMN Rini Soemarno setiba di Yogyakarta, Kamis (13/9/2018) untuk menghadiri Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia. ((Antara News))

Yogyakarta (Antaranews Sultra) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memperkenalkan program balai ekonomi desa (Balkondes) yang dicanangkan oleh BUMN kepada delegasi Sidang Umum Dewan Perempuan Internasional ke-35, saat memberikan sambutan pada  pembukaan acara tersebut.
     "Saya mengundang anda semua untuk datang dan mengunjungi program kami, Balkondes yang merupakan program ekonomi desa," kata Menteri Rini pada pembukaan Sidang Umum Dewan Perempuan Internasional ke-35 dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia di Hotel Grand Inna Malioboro  Yogyakarta, Kamis.
     Menurut Rini,  Balkondes merupakan program BUMN yang bertujuan untuk memajukan kehidupan masyarakat desa di sekitar area Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.
     "Pada saat saya berkunjung ke sana, saya berkeliling ke desa-desa di area Candi Borobudur dan saya melihat bahwa masih miskin sekali, padahal kita memiliki peninggalan yang sungguh indah dan orang dari seluruh dunia datang ke sini, bagaimana mungkin masyarakat di sekitarnya tidak mendapatkan manfaatnya?," kata Rini.
     Berangkat dari hal tersebut, akhirnya BUMN membuat fasilitas 'homestay' di desa-desa tersebut sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan.
     Dengan demikian, turis lokal maupun asing dapat singgah di 'homestay' dan merasakan suasana desa yang dekat dengan Candi Borobudur, sementara masyarakat mendapatkan manfaatnya.
     "Mereka tentu bisa mendapatkan pemasukan. Hingga saat ini, masyarakat di desa sekitar Candi Borobudur terus melakukan perbaikan," jelasnya.
     Ia juga mengundang para delegasi Dewan Perempuan Internasional (International Council of Women) untuk datang dan melihat langsung suasana Balkondes itu.
     "Ada sekitar 200 kamar di fasilitas homestay tersebut, saya harap anda dapat menikmati suasana di sana. Ketika anda kembali berkunjung di kesempatan lain, bawalah keluarga anda, karena anda juga turut membantu perekonomian desa," katanya.
      Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia diselenggarakan oleh ICW, Kowani (Kongres Wanita Indonesia), dan didukun penuh oleh Kementerian BUMN dan 35 BUMN, termasuk Kantor Berita Antara, yang berpartisipasi langsung menyukseskan dua pertemuan tersebut.
      Turut hadir dalam acara pembukaan Presiden ICW Kim Jungsook, istri Gubernur DI Yogyakarta GKR Ratu Hemas, Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo,  Wakil Gubernur DI Yogyakarta KGPAA Paku Alam X, serta jajaran pimpinan ICW.

Baca juga: Menteri BUMN bangga ada seribu organisasi perempuan
Baca juga: Mengenal ICW sebagai motor pergerakan perempuan dunia
Baca juga: Menteri BUMN diapit Presiden ICW dan Ratu Hemas

  
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar