ASDP tambah satu armada penyeberangan Tampo-Torobulu

id Lebaran haji,ASDP tambah satu armada penyeberangan Tampo-Torobulu

Ilustrasi - Aktivitas penumpang pengguna jasa kapal feri di Pelabuhan Torobulu. (foto Antara/)

Kendari (Antaranews Sultra) - PT ASDP Persero Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menambah satu armada penyeberangan untuk melayani arus mudik penumpang pada pelabuhan penyeberangan Tampo-Torobulu (Kabupaten Muna - Kabupaten Konawe Selatan) khususnya pada H-2 hingga H+3 lebaran Idul Adha yang jatuh pada 22 Agustus 2018.

Manager Usaha PT ASDP Cabang Baubau, Tri Gustanto kepada Antara di Kendari, Sultra, Sabtu mengatakan, saat ini jumlah kapal ferry yang beroperasi di pelabuhan penyeberangan antara kabupaten itu hanya satu unit yakni kapal ferry KMP Pulau Rubiah.

Sementara KMP Nuku masih menjalani docking tahunan yang telah berlangsung lebih dari satu bulan lebih.

"Kami harapkan proses perbaikan kapal KMP Nuku itu dalam satu dua hari ini sudah selesai, dan langsung akan dioperasikan kembali setelah mendapat surat-surat izin layak berlayar dari instansi teknis di wilayah Pelabuhan penyebarangan Torobulu Tampo," ujar Tri.

Sebagai gambaran bahwa pelabuhan penyeberangan Torobulu di Konawe Selatan menuju Tampo Kabupaten Muna, merupakan salah satu pelabuhan penyeberangan yang terpadat arus penumpangnya pada waktu tertentu seperti menjelang hari raya Indul Fitri, Idul Adha, dan hari libur nasional lainnya.

Bahkan dari pihak ASDP sebagai otoritas pemilik armada ferry, terkadang mengarahkan tiga unit kapal ferry pada menjelang lebaran Idul Fitri tersebut.

Sebelumnya, Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Torobulu-Tampo, Yasid M, mengatakan, arus penumpang selama sepekan terakhir ini sudah mulai ramai namun masih dalam kondisi normal.

"Kami harapkan, dalam menjelang 2-3 hari sebelum Idul Adha ini sudah normal kembali," kata mantan kepala kantor Perwakilan Sultra di Jakarta itu.

(T.A056/B/R016/C/R016) 18-08-2018 10:37:27
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar