RSUD Bahteramas Sultra layani pemasangan ring jantung

id bahteramas

ilustrasi

Kendari (Antaranews Sultra) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Sulawesi Tenggara kini mampu melayani pemasangan ring jantung berstandar internasional.

Direktur RSUD Bahteramas, Yusuf Hamra, di Kendari, Selasa, mengatakan, dari sekian banyak rumah sakit di Sultra, baru RSUD Bahteramas yang bisa melakukan kateterisasi jantung atau mempunyai ruang operasi ring jantung.

"Terhitung sejak per 1 April hingga 10 Juli 2018, sudah sekitar 300 orang pasien yang sudah melakukan operasi ring jantung di RRSUD Bahteramas Sultra," kata Yusuf.?

Pihaknya baru memiliki ada dua tenaga dokter yang menangani an operasi ring jantung yaitu dokter Bimo dan dokter Syarifuddin.

"Untuk itu, saya harap masyarakat tidak lagi keluar daerah untuk melakukan operasi ring jantung, karena RSUD Bahteramas sudah mempunyai ruang atau alat yang canggih dan tidak kalah dari rumah sakit daerah provinsi lainnya," katanya.

RSUD Bahteramas sudah mempunyai ruang operasi bedah digestif, yang artinya menangani gangguan pada saluran pencernaan misalnya batu empedu, tumor saluran pencernaan, usus buntu dan penyakit yang sulit di bedah digestif yang dulunya dirujuk, sekarang sudah bisa ditangani di RSUD tersebut.

RSUD itu juga melayani bedah plastik. Operasi ini memungkinkan wajah pasien direkonstruksi ulangjika mengalami luka bakar atau kecelakaan parah. Selain itu, bedah onkologi (tumor). Bedah tumor ini menangani kanker payu dara dan kanker-kanker lainnya.

"Penanganan kanker memerlukan tindakan yang cukup panjang, maka dari itu kami membuat ruang khusus untuk kemoterapi, sehingga tidak lagi kemoterapi di Makassar," katanya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar