Dana Desa Konawe Utara cair 95 persen

id dana desa

Dana Desa Konawe Utara cair 95 persen

ilustrasi (foto Antara)

Wanggudu (Antaranews Sultra) - Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, telah mencairkan dana desa triwulan I tahun 2018 mencapai 95 persen.

Kepala DPPKAD Konawe Utara Marthen Minggu di Wanggudu, Sabtu, mengatakan realisasi pencairan dana desa 95 persen terdistribusi pada 195 desa sebagaimana ketentuan yang ada.

???"Pencairan dana desa triwulan I di Konawe Utara tidak ada masalah karena koordinasi dan sinergitas antara pemerintah desa dan tingkat kabupaten serta Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) berjalan baik," kata Marten.

???Pencairan dana desa berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya mengalami kendala jika salah satu pihak tidak patuh terhadap mekanisme atau ketentuan yang ada karena berisiko secara hukum.

Pencairan dan pengawasan dana desa mengacu pada standar operasional pelaksanaan, yakni pengawasan menjadi kewenangan Inspektorat, kelengkapan proses pencairan menjadi urusan DPMD sehingga semua komponen memiliki tanggung jawab masing-masing.

???Kelengkapan permohonan pencairan dana desa yang menjadi perhatian sekaligus tanggung jawab DPMD adalah RPMJ desa, APBDes dan surat pertanggungjawban penggunaan anggaran tahun sebelumnya.

????Ia menambahkan tahun 2018 dana desa yang bersumber dari APBN untuk 159 desa di Kabupaten Konawe Utara sebesar Rp120 miliar dengan alokasi sekitar Rp700 juta per desa.

Anggota DPRD Konawe Utara Samir mengajak semua pihak yang terlibat mengelola, melaksanakan serta mengawasi dana desa bertanggung jawab penuh sehingga tidak ada yang dirugikan.

"Uang rakyat harus digunakan sesuai rencana sehingga pemanfaatannya tepat sasaran. Pengelola tingkat desa harus cermat agar tidak bermasalah hukum di kemudian hari," kata politisi Partai Hanura.



 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar