BPK RI: Pengelolaan keuangan di Sultra baik

id bpk,wtp,kendari,sultra,BPK RI: Pengelolaan keuangan di Sultra baik,berita ekonomi,keuangan

Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi (kanan) bersama Anggota VI BPK RI, Harry Azhari Azis (kiri) saat menghadiri serah terima jabatan kepala BPK Perwakilan Sultra di Kendari, Jumat (16/3). (Foto Antara/ Azis Senong)

Kendari (Antaranews Sultra) - Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Dr Harry Azhari Azis MA mengatakan berdasarkan laporan yang diterima bahwa hasil pengelolaan keuangan di Provinsi Sulawesi Tenggara dari beberapa tahun terakhir prediknya tergolong cukup baik.

"Saya katakan baik karena dari beberapa tahun terakhir ini hasil laporan pengelola keuangan dari 17 kabupaten kota di Sultra ada 11 daerah yang telah meraih predikat WTP, dan sisa enam daerah yang masih WDP," kata Harry Azhari saat menghadiri serah terima jabatan kepala BPK Perwakilan Sultra yang dihadiri Pj Guberur Sultra Teguh Setyabudi di Kendari, Jumat.

Menurut Harry, dengan adanya peningkatan pengelolaan keuangan yang baik dan transparan, ini menunjukkan bahwa kinerja kepala BPK perwakilan Sultra dengan pemerintah daerah tergolong cukup baik sehingga wajar bila kepala BPK Sultra mendapat jabatan baru sebagai kepala BPK RI di Makassar Sulawesi Selatan.

"Saya kira apa yang sudah dilakukan pak Widyatmantoro sebagai kepala BPK perwakilan Sultra bisa ditingkatkan kepada kepala BPK yang baru bapak Haryanto," kata Harry Azhari Azis.

Untuk diketahui, kata Harry Azhari, bahwa Kepala BPK Sultra Widyatmantoro jabatanya naik kelas dari tipe B ke tipe A. Sedangkan Haryanto pun demikian yang sebelumnya sebagai Kepala Sub Audit Kalimantan Timur-II menjadi kepala BPK Perwakilan Sultra.

Dibangian lain, mantan ketua Badan Pemeriksa Keuangan periode 2014-2019 dan sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi XI DPR RI itu juga mengimbau kepada pimpinan daerah baik gubernur maupun bupati/wali kota untuk tidak takut mengelola keuangan sesuai dengan tupoksinya.

"Pegawai BPK bekerja sesuai dengan aturan Perundang-Undangan, artinya bila ada hasil temuan BPK dianggap bermasalah, maka BPK memberi waktu kepada setiap pengelola keuangan untuk memperbaiki, ataupun mengembalikan uang negara itu sehingga tidak ada kerugian negara," ujarnya.

Ia juga menyampaiakan apresisai kepada segenap pimpinan daerah Sultra yang telah meraih predikat WTP yang beberapa tahun ini diraihnya.

Baca juga: BPK Berharap Daerah Transparan Beri Informasi

"Saya harap dengan kepemimpinan kepala BPK Sultra yang akan lebih baik lagi, sehingga enam daerah yang kini masih memperoleh predikan WDP bisa naik menjadi WTP," ujar Harry Azhari.

Rangakaian serah terima jabatan kepala BPK Perwakilan Sultra, juga dihadri sejumlah bupati dan waali kota, ketua dan wakiul ketua DPRD se kabupaten kota serta pimpinan instansi pertikal lainnya.

(T.A056/B/B012/B012) 16-03-2018 16:07:54
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar