Polda Sultra siaga hadapi bencana alam

id polda siaga,polda bencana alam

Markas Polda Sultra. (FOTO ANTARA)

Kendari (Antaranews Sultra) - Jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) siaga membantu dan mengantisipasi cuaca eksrim yang memicu terjadinya musibah bencana alam.

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Sunarto di Kendari, Jumat, mengatakan jajaran Polda Sultra memiliki personel dan peralatan memadai untuk melakukan pertolongan.

"Kalau terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, angin puting beliung dan kecelakaan laut maka kepolisian siap melakukan pertolongan," kata Sunarto.

Sarana pendukung untuk melakukan pertolongan yang dimiliki Polda Sultra, antara lain, rescue car, lampu darurat, perahu karet, gergaji rantai, pelampung, kapal dan anjing SAR.

"Fenomena bencana alam yang sering melanda Tanah Air mendorong Polri untuk mempersiapkan personel handal dan peralatan memadai yang dipasok ke jajaran Polda, termasuk Polda Sultra, katanya.

Polda Sultra mengharapkan sinergi dan koordinasi dengan institusi lainnya dalam menangani bencana alam sehingga berjalan maksimal.

Personil SAR Polda Sultra yang berkekuatan satu kompi memiliki skill khsusus untuk melakukan pertolongan setelah melalui latihan untuk berbagai jenis musibah.

Kepala Kantor SAR Kendari Junaidi menyambut baik terbentuknya SAR Polda Sultra yang akan memperkuat regu penolong jika terjadi musibah.

"Regu penolong bukan hanya Basarnas tetapi dari kepolisian, TNI, BPBD dan Dinas Sosial," katanya seraya menambahkan organisasi kemasyarakatan dan partai politik pun membentuk regu penolong. 

(T.S032/B/Y008/Y008) 12-01-2018 13:53:48
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar