Tari Kolosal Meriahkan Pembukaan Pimnas Ke-28

id tari-kolosal

Tari Kolosal Meriahkan Pembukaan Pimnas Ke-28

Pagelaran tari kolosal yang menggambarkan perjuangan tokoh legenda masyarakat Sulawesi Tenggara "Haluoleo" yang ditampilkan mahasiswa/mahasiswi Universitas Halu Oleo Kendari, Selasa. (FOTO ANTARA/La Ode Abdul Rahman)

Kendari (Antara News) - Pagelaran tari kolosal yang menggambarkan perjuangan tokoh legenda masyarakat Sulawesi Tenggara "Haluoleo" memeriahkan acara pembukaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-28 di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Selasa.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, Intan Ahmad, saat membuka kegiatan tersebut, mengapresiasi persiapan UHO sebagai tuan rumah Pimnas ke-28.

"Saya berikan apresiasi kepada UHO sebagai tuan rumah pelaksaan Pimnas tahun ini, kita harapkan melalui pimnas ini dapat tercipta generai bangsa yang memiliki karya pikir kreatif dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi untuk menjawab masalah bangsa,"ujarnya.

Ia menambahkan, sejak berlangsungnya Pimnas telah menghasilkan sejumlah karya inovatif dari mahasiswa yang berperan penting dalam membangun kreativitas dan penalaran ilmiah.

Sementara itu, Gubernur Sultra H Nur Alam saat memberikan sambutannya mengatakan tidak mudah mempertemukan mahasiswa di seluruh Indonesia dalam satu wadah seperti Pimnas sehingga dibutuhkan pemikiran, kreativitas, dan kerja keras.

Oleh sebab itu, Gubernur Sultra yang juga merupakan alumni UHO mengapresiasi keberhasilan yang dicapai oleh almamaternya.

"UHO tidak mungkin menjadi tuan rumah jika tidak dibarengi dengan pemikiran, kreatifitas dan kerja keras, saya mengacungkan jempol kepada kakanda saya (Usman Rianse) yang telah berhasil membawa UHO dan tentunya Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah Pimnas ke-28 tahun ini," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nur Alam menantang para mahasiswa peserta Pimnas untuk berkreasi dan berinovasi dalam menjawab kebutuhan masyarakat.

Ia berpesan berpesan kepada semua peserta Pimnas untuk serius menghadapi perlombaan dengan mengedepankan kreativitas demi kemajuan bangsa dan tanah air.

Rektor UHO Prof Usman Rianse berterima kasih kepada para pimpinan perguruan tinggi di Indonesia dan Kemenristek Dikti yang telah mempercayai UHO sebagai tuan rumah.

"Terima kasih juga kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Kendari yang telah mendukung pelaksanaan pimnas ini serta semua masyarakat Sultra," kata Usman.

Pembukaan Pimnas ke-28 di UHO ini juga dihadiri Wali Kota Kendari Asrun, Kepala Polda Sultra Brigadir Jenderal Agung Sabar Santoso, dan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh.

Pembukaan kegiatan tersebut ditutup dengan penampilan kolaborasi "marcing band" Universitas Gajah Mada dan "drum corps" UHO.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar