Gubernur Bantu KUD Tunas Sari Rp100 Juta

id gub-kud

Raha (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam, menyerahkan bantuan Rp100 juta kepada pengelola Koperasi unit Desa (KUD) Tunas Sari untuk memperkuat permodalan koperasi tersebut.

Bantuan itu diserahkan langsung kepada Ketua KUD Tunas Sari, Lasaemuna, saat acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) KUD Tunas Sari, di Desa Bonea Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna, Minggu.

"Sebagai pemerintah yang bertugas membina seluruh koperasi yang ada di daerah ini, maka saya menyerahkan bantuan suka rela Rp100 juga untuk pengembangan usaha koperasi ini," kata gubernur yang didampingi Bupati Muna, Baharuddin dan Wakil Gubernur Sultra HM Saleh Lasata.

Menurut gubernur, dana yang diberikan itu bukan menggunakan dana APBD langsung, tetapi merupakan honor-honor yang diterima selama dirinya sebagai gubernur.

"Saya sangat apresiasi degan KUD Tunas Sari, meskipun berada di daerah pedesaan seperti ini, namun bisa mengembangkan usaha hingga ke ibu kota provinsi dan beberapa kabupaten di Sultra seperti Kabupaten Buton Utara dan Kabupaten Kolaka," katanya.

Ia mengatakan, keberadaan KUD Tunas sari merupakan ikon koperasi yang ada di Sultra karena merupakan bagian dari tiga koperasi yang tersukses yang ada di Sultra.

"Andai saja koperasi ini berpusat di ibukota kabupaten, maka saya yakin bisa berinvestasi hingga ke ibukota negara. Saat ini saja sudah mampu berinvestasi di ibukota provinsi dengan cara membangun hotel melati," katanya.

Ketua KUD Tunas Sari, Lasaemuna, mengatakan, jumlah anggota koperasinya saat ini mencapai 2.682 orang, sudah memiliki cabang di Kota Kendari, Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Buton Utara.

"Total modal yang kami kelola tahun 2011 lalu sebanyak Rp16,1 miliar. Usaha kami bergerak dibidang simpan pinjam, pertokoan, perhotelan, transportasi dan kelistrikan," katanya.

Nur ALam juga menyerahkan hadiah satu Unit sepeda motor kepada salah seorang anggota KUD Tunas Sari yang memenangkan undian tahunan koperasi tersebut.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Muna, Buharuddin, Wakil Gubernur Sultra, Saleh Lasata, Wakil Ketua DPRD Sultra, La Pili, Wakil Buati Muna, Malik Ditu, beberapa pimpinan SKPD lingkup Sultra dan pengelola KUD Tunas Sari.

Rangkaian acara tersebut, gubernur bersama bupati melanjutkan kegiatan menuju Kecamatan Tongkuno Selatan menggunakan helikopter untuk menghadiri kegiatan Pengukuhan Lembaga Ekonomi Masyarakat Sejahtera (LEMS) jambu mete dan kegiatan panen jagung. (Ant).
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2021