Kendari (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), meminta kepada seluruh fasilitas kesehatan (faskes) untuk melayani peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) dengan baik agar mutu layanan di setiap faskes mudah, cepat, dan setara sesuai dengan motto BPJS Kesehatan.

"Harapannya kami tentunya supaya seluruh fasilitas kesehatan melayani seluruh peserta JKN dengan baik," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Baubau Hery Zakariah usai peluncuran transformasi mutu layanan JKN di Baubau Senin.

Jadi, semua layanan, mulai di FKTP (fasilitas kesehatan tingkat pertama) sampai dengan di rumah sakit harusnya lebih mudah, lebih cepat, dan tanpa diskriminasi sehingga seluruh masyarakat yang mengakses layanan itu bisa merasa lebih nyaman lagi ketika berobat di fasilitas kesehatan.

Hery menyebutkan bahwa peluncuran yang mengangkat tema "Kolaborasi dalam transformasi mutu layanan yang mudah, cepat, dan setara kepada peserta JKN" tersebut digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

"Jadi acara ini serentak juga dilakukan, sekarang kan BPJS tidak devisit lagi, artinya kami sekarang mengutamakan mutu layanan, dengan mutu layanan ini tadi kami sampaikan moto kami mudah, cepat, dan setara," kata Hery.

Ia mengungkapkan bahwa melalui transformasi tersebut, BPJS Kesehatan mempunyai tujuan untuk memberikan pelayanan yang mudah diakses, cepat pelayanannya, dan setara untuk setiap peserta JKN.

"Transformasi mutu layanan juga mencakup upaya simplifikasi administrasi pelayanan," katanya.

Dalam kesempatan itu, BPJS Kesehatan Kota Baubau juga memberikan penghargaan kepada sejumlah faskes yang berada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Baubau, yang telah berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta JKN.

"Poin penilaian banyak yang kami nilai, tentunya kami harapkan seluruh fasilitas kesehatan baik di tingkat puskesmas, dokter keluarga, dokter gigi, rumah sakit mulai dari tipe D sampai dengan tipe A itu bisa melayani pasien dengan baik," ungkapnya.

Hery juga menambahkan bahwa pemberian penghargaan tersebut akan menjadi agenda tahunan BPJS Kesehatan Kota Baubau, sehingga memicu fasilitas kesehatan berlomba-lomba melayani seluruh peserta JKN dengan baik.*

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024