Baubau (ANTARA) - Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Betoambari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, membuka posko pengendalian transportasi udara angkutan lebaran 2023 di bandara tersebut untuk membantu pemudik memperoleh informasi seputar informasi penerbangan.

Kepala UPBU Betoambari Baubau melalui Kepala Subseksi Teknis, Operasional, Keamanan dan Pelayanan Darurat, La Rano, di Baubau, Sabtu, mengatakan, posko tersebut dibuka setiap hari selama 19 hari ke kedepan.

"Posko ini dibuka mulai 14 April sampai dengan 2 Mei 2023," kata La Rano.

Di posko tersebut ujar dia, sejumlah personel disiagakan untuk memberikan pelayanan kepada pemudik yang terdiri dari dua orang petugas UPBU Betoambari Baubau, TNI, Polri serta petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). 

"Pelayanan posko ini mengenai informasi rute penerbangan dan kebutuhan pemudik lainnya misalnya informasi berkaitan persyaratan penerbangan seperti vaksinasi COVID-19, informasi jumlah penumpang dan kargo, termasuk juga bila ada pemudik yang kondisi kesehatannya terganggu," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya memperkirakan jumlah arus penumpang mudik di bandara tersebut tahun 2023 akan meningkat karena bertambahnya jumlah pesawat yang beroperasi.

"Tahun ini kita prediksi ada peningkatan (jumlah penumpang) dari tahun lalu, karena tahun lalu hanya satu pesawat yang beroperasi, sedangkan tahun ini kita prediksi tiga pesawat (beroperasi) setiap hari, terus ada tambahan satu rute ke Kota Kendari," ujarnya.

Mengenai kondisi arus penumpang saat ini, kata Rano, hingga memasuki H-8 Idul Fitri jumlah pemudik di Bandara Betoambari terpantau belum menunjukkan peningkatan signifikan. Diprediksi jumlah penumpang akan meningkat signifikan pada H-3 dan H-2 Lebaran. 

"Kalau hari ini penumpang baru sekira 60-70 persen atau belum ada peningkatan yang signifikan. Kita prediksi tanggal 19 dan 20 April baru ada peningkatan," katanya.

Kata dia pula, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik agar jauh hari mempersiapkan diri terutama berkaitan persyaratan penerbangan terutama vaksinasi booster yang masih diberlakukan serta mempersiapkan kondisi fisik agar masyarakat yang mudik berjalan aman, lancar dan tiba ditempat tujuan dengan selamat.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024