Baubau (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, membagikan masker kepada penumpang atau pengguna jasa transportasi kapal feri itu sebagai upaya mencegah COVID-19.

Manager Usaha ASDP Cabang Baubau, Supriadi, di Baubau, Senin, menuturkan, pembagian masker secara gratis ke pemakai jasa dan masyarakat itu bertujuan untuk bersama-sama memutus rantai penyebaran virus Corona yang saat ini dikawatirkan masyarakat luas.

"Hari ini kita bagikan sebanyak 75 lembar di lintasan penyeberangan Baubau dan 75 lembar juga di pelabuhan Waara (Buton Tengah). Jadi setiap lintasan kita jatahkan sebanyak 75 lembar," ujarnya, dengan menambahkan bahwa sebelumnya juga telah membagikan masker kepada warga yang melintas di depan Kantor ASDP Baubau.

Supriadi mengatakan, masker yang telah dipesan sebanyak 2.000 lembar lebih untuk di peruntukan kepada pengguna jasa transportasi diseluruh lintasan ASDP Cabang Baubau itu berdasarkan arahan dari ASDP pusat guna secara bersama-sama menghindari wabah virus berbahaya tersebut.

"Jadi kita diperintahkan untuk seluruh cabang membagikan masker kepada pengguna jasa dan masyarakat. Tujuannya supaya masyarakat terhindar dari Covid-19 ini," ujarnya.

Dia juga mengatakan, pembagian masker tidak serentak dilaksanakan dikondisikan pada kantor cabang masing-masing.

"Kita tidak serentak semua lintasan ini karena tergantung dari orderan kita. Kalau pemesanannya cepat maka secepatnya juga kita bagikan," katanya.  
 
Dalam upaya mencegah Covid-19 , kata dia, selain pihaknya rutin melakukan bersih-bersih kapal dengan melakukan penyemprotan disinfektak, juga akan memeriksa penumpang yang akan menyeberang melalui kapal ASDP Baubau bila tidak mengenakan penutup hidung dan mulut itu.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada para pemakai jasa pada saat akan menyeberang untuk menggunakan masker guna mengantisipasi virus mematikan itu, termasuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan mengikuti anjuran pemerintah.  

11 lintasan diwilayah ASDP Cabang Baubau yakni, lintasan Baubau-Waara (Baubau-Buteng), Baubau-Siompu (Baubau-Busel), Baubau-Tolandona (Baubau-Buteng), Baubau-Dongkala, (Baubau-Bombana) Dongkala-Mawasangka (Bombana-Buteng), Dongkala-Kasipute (Bombana), Raha-Pure (Muna), Tampo-Torobulu (Muna-Konsel), Kamaru-Wanci (Buton-Wakatobi), Amolengo-Labuan (Konsel-Butur), dan lintasan Kendari-Langara (Kendari-Konkep).

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024