Kendari (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini fokus pada pembinaan dan pembangunan karakter aparat sipil negara (ASN) guna mewujudkan Sultra Beradab.

"Begitu saya mendapat amanah untuk memimpin Kanwil Kemenag Sultra, maka fokus saya ingin membangun karakter ASN Kemenag Sultra yang baik, sebagai generasi pelanjut demi mewujudkan Sultra yang aman, rukun, damai, sejahtera dan beradab seiring dengan visi misi pemerintah Prov Sultra dibawah kepemimpinan Gubernur Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas," kata Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad, di Kendari, Rabu.

Untuk pengejewantahan dari misi Gubernur Sultra yang ingin membangun Sultra yang beradab kata Fesal, maka ia menggagas untuk memajang narasi "Karakter Unggul, Sultra Beradab" disetiap Satker Kemenag yang ada di Sultra. 

"Untuk mewujudkan hal itu, maka kita mesti senantiasa mengedepankan rasa saling menyayangi, menghargai, mengisi, membantu dan menolong," katanya.

Terkait pembangunan karakter kata dia, menyangkut dua hal yakni karakter moral dan karakter kinerja sebagai dasar dan pedoman dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

"Karakter moral ini mencakup ketaqwaan, kejujuran, integritas, tawadhu dan tidak sombong. Dimanapun berada, selalu merendahkan diri dan menganggap jabatan adalah amanah, berat dipikul dan membutuhkan orang lain untuk membantunya," katanya.

Sedangkan karakter kinerja kata dia, yang harus ditanamkan adalah pantang menyerah, bekerja keras, mobilitas kerja tinggi dan tuntas dalam bekerja.

"Kita tidak butuh seorang pekerja keras, namun tidak jujur dan sombong dalam bekerja. Itu artinya karakternya tidak tuntas. Karena, orang yang rendah ilmunya namun adabnya tinggi, lebih mulia di sisi Allah SWT daripada orang yang tinggi ilmunya namun rendah adabnya," pungkasnya.

Baca juga: Fesal Musaad pimpin Kanwil Kemenag Sultra
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024