Baubau (Antaranews Sultra) - Koperasi Nelayan Sipanjonga (KNS) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mengikuti pendidikan dan pelatihan produksi aneka olahan rumput laut berbasis kompetensi angkatan pertama 2018 di Makassar (Sulsel).

Ketua Koperasi Nelayan Sipanjonga Baubau, Rusmin Jaya melalui pesan WhatsApp dari Makassar, Minggu, mengatakan anggota koperasi nelayan sipanjonga yang mendapat kepercayaan dari Kementrian Perindustrian Balai Diklat Industri Makassar sebanyak sembilan orang itu merupakan suatu kebanggaan.

"Kegiatan Diklat ini peserta dilatih membuat aneka makanan yang bahannya dari rumput laut, seperti eskrim rumput laut, stick rumput laut, naget rumput laut, roti rumput laut dan mi rumput laut," ujarnya.

Ia mengatakan, pelatihan olahan rumput laut yang laksanakan selama tujuh hari (19-25/2) itu diikuti peserta dari berbagai daerah di nusantara sebanyak 50 orang.

"Peserta dilatih menjadi ahli dalam olahan rumput laut. Makanya, dalam pelaksanaan diklat ini peserta diuji kompetensinya untuk siap kerja, dan bagi yang dinyatakan lulus akan diberikan sertifikat kompetensi sebagai bekal dan pengakuan bahwa yg bersangkutan ahli dibidang tersebut," katanya.

Ia juga mengatakan, sebagai ketua koperasi sangat mengharapkan para peserta benar-benar mengikuti Diklat dengan serius agar bekal ilmu yang diterima nelayan bisa menambah pendapatan kelurga dan meningkatkan kesejahteraannya.

"Insya Allah yang telah mengikuti diklat angkatan pertama ini akan kita tindak lanjuti untuk diklat kemasan sehigga mereka punya keterampilan dalam pengemasan produk untuk menambah nilai sebuah produk," katanya.

Ia juga mengatakan, telah membangun komunikasi kepada pihak balai sebagai upaya agar ibu-ibu nelayan lainnya juga akan diusulkan untuk mengikuti diklat aneka olahan rumput laut tersebut.

Rusmin juga menambahkan, koperasi nelayan sipanjonga Kelurahan Sulaa yang berdiri 2014 selain telah memperoleh bantuan tiga unit kapal kekuatan 10 GT dari Kementrian Kelautan dan Perikanan pada Desember 2017, juga terus berbenah meningkatkan sumber daya manusia anggotanya mengikuti diklat olahan rumput laut itu.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada koperasi sipanjonga untuk mengikuti diklat `tri in one` ahli produksi aneka olahan rumput laut berbasis kompetensi angkatan pertama tahun 2018 ini," ujarnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024