Kendari, Antara Sultra - Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra), gencar melakukan sosialisasi tentang gerakan transaksi non tunai kepada masyarakat di daerah itu.

Deputi Bidang Manajemen Intern dan Sistem Pembayaran Perwakilan Bank Indonesia Sultra, LM Bahtiar Zaadi, di Kendari, Senin, mengatakan, sosialisasi tersebut juga dikombinasikan dengan edukasi gerakan non-tuai seperti penggunaan kartu debit, kartu kredit, dan uang elektronik kepada masyarakat.

"Memang terkadang masyarakat dalam melakukan transaksi masih meyakini harus memegang uang secara fisik, tetapi hal seperti ini lambat laun akan bergeser. Apalagi masyarakat mulai diperkenalkan keuntungan dari transaksi non tunai itu," katanya.

Ia yakin, lama kelamaan masyarakat akan menuju ke era transaksi non tunai tersebut seiring dengan perkembangan zaman saat ini.

"Masyarakat harus melek digital, semua serba non tunai nantinya, kalau tidak akan merasa terkucilkan," katanya.

BI juga mengajak perbankan untuk terus berupaya mendorong masyarakat menggunakan instrumen nontunai atau Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) selain uang elektronik yakni kartu debit dan kartu kredit.

"Jika masyarakat sudah sadar akan transaksi non tunai, nantinya akan mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024