Baubau (Antara Sultra) - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Baubau, H Sahirun mengatakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik tidak akan pernah ganda karena telah diatur oleh sistem.

"Jangan kawatir KTP elektronik tidak akan ganda karena sudah diatur oleh sistem dan mengharuskan tidak bisa ada dua kepemilikan," ucapnya di Baubau, Kamis menyusul adanya informasi di Baubau memiliki puluhan ribu KTP ganda.

Dia mencotontohkan,bila warga Kota Kendari sudah memiliki identitas di daerah itu, maka tidak mungkin ketika datang ke Buton mengurus untuk mempunyai KTP karena sudah terdaftar secara online dan sangat sensitif.

"Saat mengurus KTP seluruh jari-jari dan mata kita diidentifikasi oleh sistem, sehingga kecil kemungkinan KTP elektronik bisa ganda," ucapnya.

Dia juga menghimbau, masyarakat agar datang melakukan perfotoan dan melakukan perekaman, karena sebagai warga negara yang baik harus memiliki identitas diri.

Diharapkan masyarakat yang mengurus KTP tidak diwakili atau melalui calo. Selain itu bila ada staf yang memungut iuran dapat langsung melaporkan untuk diambil tindakan tegas, karena pengurusan administrasi kependudukan tidak dipungut biaya, katanya.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024