Sorong (Antara News) - Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Irene Manibuy berharap Program Indonesia Terang (PIT) dapat membawa kemajuan kehidupan rakyat dan wilayahnya sama terang dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

        "Semoga PIT yang dicanangkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuat Papua Barat jadi terang, jadi bisa setara dengan saudara-saudara di daerah lain," kata Irene yang dihubungi dari Sorong, Senin.

        Menurut dia, masalah utama yang dihadapi oleh masyarakat Papua Barat yang tinggal di pesisir pantai, daerah pegunungan dan pulau-pulau terpencil adalah tidak adanya akses listrik.

        "Listrik adalah kebutuhan utama bagi masyarakat di Provinsi Papua Barat karena akan menunjang kemajuan di sektor lainnya," katanya.  

        Dengan listrik, anak-anak Papua yang hidup di pesisir pantai, daerah pegunungan dan pulau-pulau terpencil bisa menonton siaran televisi, bisa akses internet yang tentunya akan menambah wawasan dan pengetahuan informasi mereka tentang kemajuan bangsa saat ini.

        Oleh karena itu, kata dia, Pemerintah Provinsi Papua Barat mendukung penuh PIT yang dicanangkan Presiden Joko Widodo melalui Kementerian ESDM dengan harapan seluruh kampung  dialiri listrik 24 jam setiap hari.

        "Pemerintah Provinsi Papua Barat juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang memprioritaskan pembangunan infrastruktur di sini," ujarnya.

Pewarta : Ernes B Kakisina
Editor :
Copyright © ANTARA 2024