Baubau (Antara News) - Pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Baubau, Jumat, menggelar sosialisasi tentang jaminan kesehatan nasional (JKN) kepada kalangan jurnalis di daerah itu.

"Selain kami memberikan pemahaman dan mengajak kepada teman-teman jurnalis untuk masuk BPJS, juga wartawan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui karya-karya tulisnya akan manfaat BPJS ini," kata Kepala Unit Bagian Pemasaran BPJS Kesehatan Baubau, Andi Muhammad Fadli di Baubau.

Ia menambahkan, kegiatan sosialisasi jaminan kesehatan nasional (JKN) yang dilakukan BPJS Kesehatan kepada para wartawan itu juga agar pihaknya dapat terbantu dalam mensosialisasikan manfaat BPJS khususnya masyarakat yang belum mendaftar sebagai peserta BPJS

"Kami juga berharap peran media dan wartawan sebagai motor penggerak untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait kepesertaan BPJS," ujar Fadli.

Menurut dia, saat ini sebagian masyarakat yang sudah mendaftar sebagai peserta, tetapi belum memahami manfaat BPJS itu, sebab masih adanya peserta yang tidak mau lagi membayar iuran BPJS, setelah mendapat perawatan rumah sakit karena sudah sehat, padahal peserta BJPS tersebut berlaku seumur hidup.

"Ketika kami mengunjungi peserta BPJS itu karena tunggakan iuran BPJS belum lunas, justru peserta BPJS tersebut tidak mau membayar lagi karena sudah sehat, berarti peserta BPJS ini bukan sebagai untuk kebutuhan seumur hidup, tapi untuk kebutuhan pada saat sakit saja," ujarnya.

Padahal, lanjut dia, sangat sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berikutnya pada BPJS kesehatan itu kalau masih ada tunggakan yang belum dituntaskan, walaupun kartu yang dipegang peserta masih berlaku.

Ia mengatakan, pelayanan BPJS kesehatan tersebut berlaku secara komprehensif dan tidak memberatkan pesertanya akan besarnya iuran, apalagi peserta BPJS dalam memilih kelas iuran juga tidak memilih usia peserta untuk dilayani, meskipun dalam kondisi penyakit apapun yang dialami peserta.

"Wilayah kerja BPJS Kesehatan Baubau tidak hanya meliputi Kota Baubau, juga Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Wakatobi, Muna, Muna Barat dan Bombana, sehingga penting peran wartawan dalam melakukan pemberitaan terkait manfaat BPJS kesehatan ini," ujarnya.

Pewarta : Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024