Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari menargetkan pembahasan Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 selesai Oktober 2015.
"Kami inginkan pada Oktober mendatang pembahasan anggaran 2016 sudah selesai, kita akan percepat dari biasanya," kata Wali Kota Kendari Asrun di Kendari, Jumat.
Menurut Asrun, langkah itu diambil agar terjadi percepatan penyerapan anggaran tahun 2016, termasuk percepatan tender paket proyek pembangunan.
"Jangan sampai terjadi seperti tahun ini, akibat keterlambatan penetapan anggaran 2015 saat itu sehingga berimbas pada terlambatnya proses tender dan menyebabkan penyerapan anggaran rendah," katanya.
Alasan lain, kata Asrun, kebijakan ini dimaksudkan agar ada ruang waktu yang lebih banyak untuk membahas program-program yang akan dilaksanakan bersama DPRD maupun ketika melakukan asistensi APBD ke provinsi dan pusat.
"Ini solusi baik agar penetapan APBD 2016 bisa dilakukan lebih awal dan masih ada waktu bila ada rekomendasi perbaikan saat asistensi nanti," katanya.
Asrun mengaku, sudah menekankan kepada semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menyiapkan dan mengajukan usulan program/kegiatan serta anggaran tahun 2016.

Pewarta : Oleh Suprman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024