Kendari (Antara News) - Para Lurah dan Camat se- Kota Kendari mengikuti kegiatan workshop pemberdayaan pemerintah kelurahan dan kecamatan dalam rangka mewujudkan `good governance`, berlangsung di Kendari, Kamis.

Kegiatan yang dilaksanakan Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) dan Pemerintahan Kelurahan (PK) Kota Kendari itu bertujuan menignkatkan kapasitas aparatur pemerintah kelurahan sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan program-program Pemkot Kendari.

Wali Kota Kendari, Asrun, mengatakan, salah satu target terpenting yang perlu diperhatikan dalam merealisasikan program pemerintah adalah mengenai kebersihan dan kenyamanan lingkungan, dengan sasaran pencapaian adipura kencana tahun ini.

"Pencapaian piala adipura bukan menjadi tujuan utama, melainkan bagaimana menjadikan kota yang kita cintai ini terus tampak bersih, dan menanamkan pemahaman kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya lingkungan bersih dan indah itu," katanya.

Menurut dia, tujuan lain kegiatan itu yakni bagaimana mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang baik, melalui pengukuran perolehan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). "Melalui pengelolaan keuangan yang baik, maka secara otomatis dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pelaksanaan pembangunan di Kota Kendari," katanya.

Dia mengingatkan, para pengambil kebijakan termasuk para lurah se Kota Kendari seyogyanya menanamkan prinsip-prinsip kerja atau melalui motto "5-AS", yakni kerjas keras, kerja cerdas, kerja tangkas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas, agar dapat mewujudkan tujuan dimaksud.

Kepala BPMPK Kota Kendari, Kidewan, mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untu meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah kelurahan dan kecamatan.

Kegiatan tersebut diikuti para lurah dan camat se-Kota Kendari, dan dengan tujuan sekaligus sebagai wadah konsolidasi dan menyatukan visi misi, dalam melaksanakan program pembangunan tahun 2014, katanya.

Pewarta : Oleh: Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024