Kendari, (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden RI, HM Yusuf Kalla dan enam Menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II dijadwalkan akan menghadiri pelantikan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara pasangan H Nur Alam/HM Saleh Lasata dengan akronim "NUSA".

Ke enam menteri yang dipastikan akan hadir itu adalah Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, Meneteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar dan Menneg Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faisal Zaini.

Sekretaris Dewan (Sekwan) melalui Kabag Persidangan DPRD Sultra Robert Piter Raru, di Kendari, Jumat mengatakan, persiapan pelantikan gubernur dan wakil gubernur Sultra terpilih itu akan dilaksanakan 18 Februari 2013.

"Selain mantan wapres dan enam menteri yang akan hadir, juga akan hadir duta besar, beberapa anggota DPR dan DPD-RI, beberapa gubernur di tanah air, mantan gubernur Sultra, mantan kandidat cagub pada Pilgub 2012 lalu serta ada salah satu gubernur di salah satu negara bagian di Australia," katanya.

Sebelumnya, kata Robert, Badan Musyarawah (Bamus) DPRD Sultra telah menggelar rapat pemantapan persiapan pelantikan Nur Alam dan Saleh Lasata untuk periode pemerintahan 2013-2018. Rapat ini digelar menyusul penerbitan Surat Keputusan (SK) pelantikan Gubernur Sultra terpilih berdasarkan Kepres Nomor9/P Tahun 2013 tanggal 23 Januari 2013.

"Sesuai jadwal yang disepakati bersama Dirjen Otoda Kemendagri, pelantikan gubernur dan wakil gubernur Sultra akan dilakukan pada hari Senin, tanggal 18 Februari 2013 pukul 08.00 Wita di gedung Utama Paripurna DPRD Sultra," ujarnya.

Persiapan undangan, lanjut Robert, sedang dalam proses pencetakan dengan jumlah yang akan disebar sebanyak kurang lebih 3000-an undangan.

"Walaupun kapasitas dalam gedung Utama DPRD itu hanya bisa menampung kurang dari 750 saja, sehingga panitia membangun beberapa tenda di luar gedung dengan dilengkapai layar montor yang disiarkan langsung melalui sebuah televisi," katanya.(Ant).

Pewarta : Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024