Jumat, 24 Maret 2017

Pemkab Dorong Investor Berinvestasi di Muna

id muna-bupati
Pemkab Dorong Investor Berinvestasi di Muna
Bupati Muna LM Rusman Emba. (foto Antara)
Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, mendorong investor baik nasional maupun asing berinvestasi khususnya pada usaha ternak sapi dan kambing.

"Prospek pengembangan usaha ternak terutama sapi dan kambing di Muna cukup cerah. Hampir seluruh lahan di Muna itu cocok untuk pengembangan dan pemeliharaan ternak baik sapi maupun kambing," kata Bupati Muna Rusman Emba di Kendari, Jumat.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian, kata dia, telah menetapkan Kabupaten Muna sebagai salah satu sentra produksi sapi di kawasan timur Indonesia.

Namun, lanjutnya, para peternak di Muna masih kesulitan mengembangkan usaha ternak sapi maupun kambing karena kesulitan modal.

"Oleh karena itu, dibutuhkan investor yang memiliki modal besar untuk mengembangkan ternak sapi atau kambing secara besar-besaran di Muna," katanya.

Menurut Rusman, kualitas daging sapi di Muna lebih baik bila dibandingkan dengan kualitas daging sapi dari berbagai daerah di Indonesia.

Berdasarkan hasil penelitian Institut Pertanian Bogor (IPB), kata dia, rasa daging sapi di Muna lebih lembut bila dibandingkan daerah lain di Indonesia.

"Demikian pula, dengan daging kambing di Muna, berdasarkan hasil penelitian dari IPB, rasa daging kambing di Muna lebih enak dibandingkan dengan daging kambing dari berbagai daerah di Indonesia," kata Rusman.

Oleh karena itu, kata dia, bila investor mengembangkan ternak sapi atau kambing dalam skala besar di Muna, maka diyakini produksi daging dari kedua ternak tersebut bisa memenuhi permintaan pasar dalam negeri maupun ekspor.

Editor: Hernawan Wahyudono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga