Pesawat kargo militer Rusia jatuh dan terbakar, empat orang tewas

id pesawat jatuh

Pesawat kargo militer Rusia jatuh dan terbakar, empat orang tewas

Ilustrasi : Pesawat cargo mengalami kecelakaan ( ANTARA/HO -UP3 Kalimantan Utara).

Moskow (ANTARA) - Sebuah pesawat kargo militer Ilyushin II-76 jatuh dan terbakar ketika mendarat di Kota Ryazan, Rusia bagian barat, pada Jumat dan menewaskan empat dari sembilan orang di dalamnya, kata RIA yang mengutip keterangan otoritas setempat.

Lima orang dirawat di rumah sakit akibat luka-luka, menurut laporan kantor berita Rusia tersebut.

Sementara itu, kantor berita Interfax secara terpisah mengutip kementerian pertahanan Rusia yang mengatakan pesawat nahas itu mengalami kerusakan mesin ketika melakukan latihan penerbangan.

Kemenhan tidak memberikan keterangan terperinci soal awak pesawat yang menjadi korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

 
Arsip - Seorang anggota tim penyelamat mengikat tali pengaman ke sebuah pohon di lokasi kecelakaan pesawat di wilayah Tengxian, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, Sabtu (26/3/2022). Seluruh 132 orang yang berada di dalam pesawat China Eastern Airlines yang jatuh pada Senin (21/3) di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, dinyatakan tewas oleh pihak berwenang pada Sabtu (26/3). Pengumuman itu disampaikan oleh markas tanggap darurat nasional untuk kecelakaan pesawat maskapai China Eastern Airlines dengan nomor penerbangan MU5735 setelah enam hari upaya pencarian dan penyelamatan. ANTARA FOTO/Xinhua/Lu Boan/foc.


Sebelumnya satu unit pesawat tempur milik Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) jenis J-7 jatuh di Xiangyang, Provinsi Hubei, saat menjalani misi latihan, Kamis.

Akibat kecelakaan di wilayah China tengah tersebut, seorang warga tewas dan dua lainnya mengalami luka-luka.

Sementara seorang pilotnya selamat melalui kursi lontar.

Pilot dan korban luka segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, seperti laporan media penyiaran setempat.

Video yang beredar di media-media sosial China menunjukkan api dan asap mengepul di lokasi kecelakaan, sedangkan bangunan tempat tinggal yang tertimpa jatuhnya pesawat tempur telah berubah menjadi puing-puing.

Departemen kedaruratan setempat bergegas menuju lokasi kejadian begitu mendapatkan informasi jatuhnya pesawat tempur J-7.

Sampai saat ini aparat masih melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai kecelakaan tersebut.

Dalam tiga bulan terakhir di China telah terjadi kecelakaan udara, dua di antaranya melibatkan pesawat sipil. Kecelakaan terbesar menimpa pesawat China Eastern Airlines yang jatuh di Daerah Otonomi Guangxi pada 21 Maret lalu, seluruh penumpang dan awak yang berjumlah 132 orang tewas. 
 

Sumber: Reuters


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pesawat kargo militer Rusia jatuh, empat orang tewas
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2022