Lionel Messi raih Ballon d'Or untuk ketujuh kalinya

id Lionel Messi,Ballon d'Or

Lionel Messi raih Ballon d'Or untuk ketujuh kalinya

Pemain Paris St Germain Lionel Messi meraih Ballon d'Or ketujuh kalinya di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, 29 November 2021. (REUTERS/BENOIT TESSIER)

Jakarta (ANTARA) - Pesepak bola Argentina Lionel Messi pada Senin memenangi penghargaan Ballon d'Or sebagai pemain terbaik di dunia untuk ketujuh kalinya setelah menyisih Robert Lewandowski dan Jorginho sehingga kembali mengangkat trofi paling bergengsi sepak bola itu.

Pemain penyerang itu menambah koleksi trofi yang sudah diperolehnya pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015 dan 2019 setelah menjuarai Copa America untuk pertama kalinya bersama negaranya Juli lalu.

"Luar biasa bisa berada di sini lagi. Dua tahun lalu saya kira itu yang terakhir. Menjuarai Copa America adalah kuncinya," kata Messi di Theater du Chatelet Paris seperti dikutip Reuters, Selasa.

"Ini tahun yang spesial bagi saya dengan gelar Copa America ini. Memenangi trofi ini di Stadion Maracana sungguh berarti dan saya senang sekali merayakannya bersama rakyat Argentina."

“Saya tak tahu apakah ini tahun terbaik dalam hidup saya, saya melewati karir yang panjang, tetapi itu memang tahun yang istimewa dengan gelar bersama Argentina setelah masa-masa sulit dan hujan kritik."

Messi yang bergabung dengan Paris St Germain dalam status bebas transfer dari Barcelona selama penutupan musim setelah menuntaskan diri sebagai pencetak gol terbanyak La Liga bersama klub Spanyol itu mengumpulkan 613 poin, sedangkan pemain Bayern Munich Lewandowski yang dinobatkan sebagai striker terbaik memperoleh 580 poin.

Jorginho yang menjuarai Liga Champions bersama Chelsea dan Piala Eropa bersama Italia, menduduki urutan ketiga dengan 460 poin, di depan pemain Prancis Karim Benzema dan Ngolo Kante yang masing-masing menempati posisi keempat dan kelima.

Chelsea yang dinobatkan sebagai klub terbaik tahun ini, juga memunculkan kiper Edouard Mendy untuk menempati posisi kedua sebagai kiper terbaik, di belakang penjaga gawang timnas Italia Gianluigi Donnarumma yang merebut trofi Yashin.

Ballon d'Or putri jatuh ke tangan Alexia Putellas setelah gelandang Spanyol itu membawa Barcelona meraih gelar Liga Champions.

"Momen terpentingnya adalah final Liga Champions melawan Olympique Lyonnais," kata dia.

Putellas adalah peraih Ballon d'Or Feminin ketiga setelah Ada Hegerberg pada 2018 dan Megan Rapinoe pada 2019. Tahun lalu tidak ada seremoni ini karena pandemi virus corona.

Pemain Barcelona Pedri yang masih berusia 19 tahun dianugerahi trofi Kopa untuk pemain U-21 terbaik.

"Cara terbaik merayakan ulang tahun ke-19 adalah menerima penghargaan ini. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di Barcelona yang telah membantu saya di sini," kata Pedri.
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2022