Liga Champions, lima tim grup A-D berebut dua tiket 16 besar

id jadwal liga champions,grup liga champions,liga champions,atalanta,dinamo zagreb,leverkusen,shakhtar donetsk,atletico mad

Liga Champions, lima tim grup A-D berebut dua tiket 16 besar

Deretan bola resmi Liga Champions 2019/20 yang akan dipakai dalam salah satu pertandingan kompetisi antarklub Eropa paling bergengsi tersebut. (ANTARA/AFP/John MacDougall)

Jakarta (ANTARA) - Tak seperti di empat grup lain, jadwal laga pemungkas Liga Champions Grup A-D yang bergulir pada Kamis (12/12) dini hari WIB hanya memperlihatkan persaingan lima tim berebut dua tiket tersisa ke babak 16 besar.

Grup C patut menjadi sorotan, sebab Shakhtar Donetsk, Dinamo Zagreb dan Atalanta sama-sama masih punya peluang untuk mendampingi Manchester City selaku juara grup lolos ke babak gugur.liga cha

Shakhtar dan Atalanta akan melakoni laga hidup mati di Stadion Metalist, Ukraina, ketika Dinamo menjamu Man City di Stadion Maksimir, Kroasia.

Jika Shakhtar menang, apapun hasil laga lain tak akan membendung kelolosan mereka ke babak 16 besar. Jika Atalanta menang, mereka cuma bisa lolos asalkan Dinamo tidak gagal menang melawan Man City.

Sedangkan Dinamo tidak cuma butuh kemenangan atas Man City untuk lolos, tetapi juga Shakhtar harus gagal menang melawan Atalanta.

Di Grup D, Atletico Madrid dan Bayer Leverkusen masih berebut satu tempat untuk mendampingi sang juara grup Juventus ke babak 16 besar.

Atletico akan lolos ke babak 16 besar jika menang atas Lokomotiv Moskow di Wanda Metropolitano, apapun hasil laga lain antara Leverkusen kontra Juventus. Jika imbang sekalipun, Atletico masih bisa lolos asalkan Leverkusen gagal mengalahkan Juventus.

Dengan demikian, Leverkusen hanya bisa lolos jika mengalahkan Juventus dan di laga lain Lokomotiv mengalahkan atau mengimbangi Atletico.

Grup B memang sudah dipastikan diwakili Bayern Muenchen dan Tottenham Hotspur ke babak 16 besar, namun pertemuan keduanya di laga pemungkas punya arti lain bagi FC Hollywood.

Sejauh ini Bayern telah memenangi lima dari lima pertandingan yang sudah dijalani, sehingga kemenangan atas Tottenham di Allianz Arena bakal menempatkan mereka setara dengan lima tim lain yang pernah menyapu bersih fase grup Liga Champions sepanjang sejarah.

Rekor itu dua kali ditorehkan oleh Real Madrid pada 2011/12 dan 2014/15, serta masing-masing sekali oleh AC Milan (1992/93), Paris Saint-Germain (1994/95), Spartak Moskow (1995/96) dan Barcelona (2002/03).

Persaingan di Grup B hanya menyisakan perebutan tempat ketiga antara Olympiakos dan Red Star Belgrade yang bertemu satu sama lain di Georgios Kariskakis, Yunani. Olympiakos wajib menang jika ingin mendapat satu tiket ke babak gugur Liga Europa, sedangkan Red Star cuma perlu hasil imbang.

Persaingan serupa juga terjadi di Grup A, yang sudah dipastikan dijuarai PSG dan Real Madrid mendampingi ke babak 16 besar Liga Champions.

Bedanya, Club Brugge dan Galatasaray tidak bertemu satu sama lain di laga pemungkas. Brugge menjamu Real Madrid, sedangkan Galatasaray bertandang ke Paris.

Brugge akan mengamankan posisi ketiga jika meraih kemenangan kontra Real Madrid. Jika imbang atau kalah sekalipun, Brugge tetap lolos ke 32 besar Liga Europa asalkan Galatasaray tidak meraih tiga poin penuh di kandang PSG.

Berikut jadwal laga pemungkas Liga Champions Grup A-D yang berlangsung Kamis (12/12) dini hari WIB (tuan rumah disebut pertama):

00.55 (C) Shakhtar Donetsk vs Atalanta
00.55 (C) Dinamo Zagreb vs Manchester City
03.00 (A) Paris Saint-Germain vs Galatasaray
03.00 (A) Club Brugge vs Real Madrid
03.00 (B) Bayern Muenchen vs Tottenham Hotspur
03.00 (B) Olympiakos vs Red Star Belgrade
03.00 (D) Atletico Madrid vs Lokomotiv Moskow
03.00 (D) Bayer Leverkusen vs Juventus
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar