Ribuan orang padati pesta rakyat "Pekande-Kandea"

id pesta rakyat

Gubernur Sultra Ali Mazi dan istri serta Wakil Gubernur Lukman Abunawas dan istri pada acara pesta rakyat Pakande-kandea di Kendari, Sabtu malam. (foto Antara/Azis Senong)

Kendari  (Antaranews Sultra) - Ribuan orang dari berbagai pelosok Kota Kendari dan warga dari 17 kabupaten kota se Sulawesi Tenggara memadati pesta rakyat "Pekande-kandea" (makan bersama) di lapangan eks MTQ Kota Kendari, Sabtu Malam.

Kegiatan itu sebagai wujud rasa syukur pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) yang telah dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur Sultra periode 2018-2023.

Pesta rakyat Pekande-Kandea dari bahasa Buton yang berarti makan bersama, menyediakan sebanyal 2.040 talang berisikan makanan khas daerah yang ada di Sultra

 Masyarakat hadir di lapangan itu mulai berdatangan sejak pukul 17.00 Wita. Para tamu undangan dari berbagai daerah duduk melantai berjejer mengitari ribuan talang makanan yang telah disediakan dari berbagai kabaupaten kota di Sultra.

 Gubernur Sultra, Ali Mazi tiba di lokasi acara sekira pukul 19.25 Wita, didampingi istri Ny Agista Ariani Ali Mazi serta Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas beserta istri Ny Yati Lukman Abunawas mendapat apresiasi dari para tamu baik dari anggota DPR RI, DPD, Pangdam XIV Hasanuddin serta beberapa tamu dari pusat lainnya.

 Setibanya di lokasi, Ali Mazi langsung menuju ruang tribun MTQ yang sudah dihias cantik menggunakan nuansa adat tradisional yang begitu kental. Arena VVIP itu memang sengaja dirias, seperti bangsal pesta adat. Di tempat perjamuan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra disambut dengan ritual adat Buton.

Ali Mazi mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan pesta rakyat Pakande-Kandea itu. Ia mengaku terharu sekaligus bersyukur melihat antusias ribuan masyarakat Sultra.

"Saya mengucapkan terima kasih, atas dukungannya. Saya berjanji akan bekejer dengan sebaik-baiknya, untuk kepentingan masyarakat Sultra," tegasnya.

Dalam rangkaian sebelum puncak Pekande-kandea, Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra juga memberi pengharaan ?kepada enam bupati yang telah berhasil melaksanakan program nasional desa terang yakni bupati Buton, Konawe Selatan, Konawe, Bombana, Konawe Kepulauan dan Kabupaten Kolaka.

Salah seorang ibu rumah tangga dari Buton Tengah yang ikut dalam acara Pekande-Kandea Ny Samsiar mengatakan senang dan terharu atas terlaksananya ritual pesta rakyat tersebut.

Dalam acara tersebut, hadir juga tokoh nasional Ruhut Sitompul, istri mantan gubernur Sultra Ny Tina Nur Alam, mantan Wakil Gubernur dua periode Saleh Lasata, seluruh Bupati/ Walikota di Sultra serta anggota DPRD Sultra dan kabupaten/kota. Acara Pakande-Kandea juga diisi dengan berbagai artis ibu kota, salah satunya yakni penyanyi Fitri Karlina. 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar