Perikanan laut jadi komoditas unggulan Konawe Kepulauan

id tambak

ilustrasi (foto Antara)

Kendari (Antaranews Sultra) - Sektor perikanan laut menjadi komoditas unggulan Kabupaten Konawe Kepulauan, Sultra, mengingat hampir wilayahnya berada di daerah pesisir.

Sekda Konawe Kepulauan, Cecep Trisnajayadi di Kendari, Sabtu mengatakan sebagai kabupaten yang dikelilingi garis pantai, maka perikanan menjadi primadona bagi masyarakat hingga saat ini.

"Melalui dinas terkait Pemerintah Kabupagten Konkep terus mengajak warga mengembangkan usaha perikanan tangkap dan perikanan budi daya," katanya.

Mantan Kadis ESDM Kabaupaten Bombana itu mengatakan, potensi sektor perikanan tangkap maupun perikanan budi daya seperti keramba jaring apung, tambak dan rumput laut di kabupaten pecahan Konawe itu cukup besar dan menjanjikan.

"Seluruh wilayah perairan laut Kabupaten Konawe Kepulauan, memiliki potensi ikan tangkap seperti ikan tuna dan ikan cakalang karena berhadapan dengan Laut Banda," katanya.

Dikatakan, selama ini pihaknya memberdayakan masyarakat melalui pengembangan budi daya ikan keramba apung atau ikan tangkap sebagai sektor unggalan, selain sektor lain yang juga digalakan khususnya perkebunan tanaman pala, cengkeh dan kelapa yang sejak dulu menjadi pemasok untuk kebutuhan pasar masyarakat di Kota Kendari.

"Dengan upaya itulah, maka bisa meningkat kesejahteraan masyarakat pesisir di Konawe Kepulauan," tuturnya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar