Kendari Maksimalkan Pemanfaatkan Lahan Tidur Tanami Pajale

id pajele-sultra

Ilustrasi.

Kendari, Antara Sultra - Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, akan memaksimalkan pemanfaatan lahan tidur untuk menanam padi, jagung dan kedele (Pajale).

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kendari, Sitti Ganef, di Kendari, Minggu, mengatakan potensi lahan pertanian dan perkebunan di daerah itu cukup luas.

"Lahan kita masih luas hanya saja belum tergarap secara maksimal. Karena itu saya meminta kepada seluruh petugas penyuluh pertanian di kecamatan agar memaksimalkan pendataan lahan tidur," katanya.

Sebagai ibu kota provinsi, katanya, Kendari membutuhkan banyak sekali kebutuhan pangan, termasuk pakan ternak.

"Karena itu, petani maupun peternak tidak perlu khawatir masalah pemasarannya. Apalagi Kendari ditunjang dengan fasilitas pelabuhan yang memadai untuk pengiriman hasil pertanian dan pekerbunan keluar daerah," katanya.

Yang perlu dilakukan petani saat ini adalah meningkatkan produksi dengan cara perluas lahan tanam melalui pemanfaatan lahan tidur yang selama ini tidak produktif.

"Berdasarkan pendataan awal sekitar 900 hektare lahan tidur bisa dimanfaatkan untuk tanaman jagung dan kedele," katanya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar