RSUD Bahteramas Tambah Alat Kedokteran Canggih

Pewarta : id rsu-bahteramas

Dirut RSUD Bahteramas ProvSultra, dr.M.Yusuf Hamrah, MSc. SpPD. (foto Antara/Azis Senong)

Kendari, Antara Sultra - Rumah Sakit Umum Daerah Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan pembenahan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan perlahan menambah peralatan kodokteran yang tergolong cukup canggih saat ini.

Direktur RSUD Bahteramas Sultra dr M Yusuf Hamra menjelaskan Jumat, sejak didirikan lima tahun terakhir, pembenahan yang dilakukan tidak hanya meningkatkan pelayanan, tetapi juga menambah sejumlah sarana penunjang rumah sakit dalam rangka membantu kerlancaran kegiatan medis di rumah sakit itu.

"Alat tersebut diantaranya, Hemodialysis atau alat cuci darah. Alat ini sudah digunakan sejak tahun 2016 dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan alat seperti ini dulunya hanya ada di Makassar, sekarang kita sudah miliki," katanya.

Ia mengatakan, jika masyarakat yang ingin cuci darah harus terbang ke Makassar, sementara BPJS tidak menanggung biaya transportasi pasien. Alat tersebut berjumlah enam unit di RSUD Bahteramas, serta digunakan mulai dari pukul 07.00 pagi hingga tengah malam.

"Pada tahun ini RSUD Bahteramas membeli alat bedah yang disebut Laparoscopy," ujarnya menambahkan.

Menurut Yusuf Hamra, alat tersebut digunakan oleh dokter ketika melakukan operasi tanpa harus melakukan pembedahan, cukup dengan memasukkan kabel pada titik tertentu, lalu dokter bekerja dengan melihat monitor.

Dijelaskan, alat Laparoscopy yang dimilik RSUD Bahteramas tersebut merupakan keluaran terbaru yang paling canggih dibandingkan versi sebelumnya.

"Alat yang kita beli ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) termasuk alat tercanggih. Untuk di Sulawesi baru beberapa yang ada," jelas Yusuf Hamra.

Lebih lanjut Yusuf menjelaskan, dengan adanya alat tersebut, RSUD Bahteramas sudah bisa melakukan serangkaian operasi seperti penyakit prostat, tembak batu ginjal termasuk pemasangan cincin di jantung yang mengalami penyumbatan.

Dijelaskan, dulunya setiap warga yang mengidap penyakit tersebut harus di rujuk ke daerah lain, karena di provinsi Sulawesi Tenggara belum tersedia alat seperti itu.

Pelayanan kesehatan baru yang ada di RSUD Bahteramas yaitu bedah plastik. Operasi bedah plastik ini memungkinkan wajah pasien di rekonstruksi ulang jika mengalami luka bakar atau kecelakaan parah. Selain itu, telah ditambah juga ruangan VIP menjadi 48 unit.
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar