Kendari (ANTARA) - Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), berkomitmen untuk mendukung pengembangan literasi informasi di kalangan akademisi

Rektor UHO Muhammad Zamrun saat ditemui di Kendari, Kamis, menekankan pentingnya peran perpustakaan dalam pengembangan informasi, terutama pada era digital saat ini.

“Perpustakaan memiliki peran vital karena semua informasi yang dibutuhkan ada di sana. Kami berharap mahasiswa bisa lebih mengenali dan memanfaatkan perpustakaan, baik di universitas maupun di fakultas masing-masing,” katanya saat membuka kegiatan Orientasi Pendidikan Pemustaka di Auditorium Mokodompit UHO.

Dia menyebutkan saat ini perpustakaan UHO juga telah bertransformasi menjadi perpustakaan yang modern dengan mengikuti perkembangan teknologi.

“Sosialisasi ini bertujuan agar mahasiswa dapat memanfaatkan perpustakaan dengan baik dan mendukung kegiatan akademis mereka secara optimal,” ujarnya.

Sementara itu Kepala UPT Perpustakaan UHO Alim Marhadi menyampaikan pihaknya menekankan untuk menjadikan perpustakaan sebagai sumber dari informasi dalam proses belajar mengajar.

“Dengan pembekalan ini, kami berharap mahasiswa lebih aktif dalam mencari dan memanfaatkan informasi yang relevan untuk studi mereka,” ucap Alim Marhadi.

Ia mengungkapkan selama orientasi mahasiswa diperkenalkan dengan berbagai fasilitas dan alat bantu penelusuran yang tersedia di perpustakaan. Dengan informasi ini, kata dia, diharapkan mereka dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya perpustakaan dan menjadikannya sebagai mitra strategis dalam proses belajar.

Alim Marhadi juga menekankan pentingnya pemahaman yang baik tentang perpustakaan dalam membantu mahasiswa menavigasi berbagai sumber informasi.

"Orientasi ini juga bertujuan membangun kesadaran mahasiswa akan pentingnya literasi informasi. Dengan kemampuan menelusuri dan mengevaluasi informasi secara kritis, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian dan studi mereka, sehingga mendukung pencapaian akademik," ucapnya.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024